Sunday, 26 June 2022


Ingin Tahu Kebijakan Pupuk Terbaru? Yuk Ikuti FGD-nya

02 Aug 2021, 19:13 WIBEditor : Yulianto

FGD Kebijakan Pupuk | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Pupuk menjadi sarana produksi pertanian yang hingga kini menjadi bahan pembicara dari tingkat pemegang kebijakan hingga di petani. Sebagai penyubur tanah, pupuk memang menjadi sarana produksi pertanian yang tidak bisa lepas dari kebutuhan petani.

Bahkan untuk membantu petani agar kebutuhan pupuk bisa tepat jumlah, mutu, waktu, harga dan sasaran, pemerintah memberikan subsidi. Data Kementerian Pertanian, jumlah anggaran untuk subsidi pupuk nilainya pun tidak kecil. Tahun ini mencapai Rp 32 triliun untuk kebutuhan pupuk subsidi sebanyak 8,9 juta ton. Hitungan Kementerian Pertanian sebenarnya total kebutuhan pupuk untuk petani mencapai 24,3 juta ton dengan nilai Rp 63 triliun.

Sayangnya memang di lapangan, petani justru menggunakan  pupuk berlebihan, jauh di atas rekomendasi pemerintah. Dalam jangka panjang kini mulai terasa dampak negatifnya. Unsur hara lahan pertanian mulai menurun, tanah sawah menjadi keras dan produktivitas pun padi melandai.

Sementara itu sebagai holding pupuk di Indonesia, PT. Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) memprogramkan Agro Solution. Dengan program ini  diharapkan  petani mendapatkan pendampingan intensif tentang budidaya pertanian berkelanjutan serta melibatkan rantai pasok dan didukung teknologi.

Namun kini ada wacana yang berniat untuk menghapuskan subsidi pupuk? Pro kontra pun mencuat di media massa. Untuk mengetahui seperti apa kebijakan ke depan mengenai pupuk subsidi, Tabloid Sinar Tani akan menyelenggarakan FGD Kebijakan Pupuk yang Berpihak ke Petani pada:

Hari, tanggal   : Rabu, 4 Agustus 2021

Waktu  : Pukul 10.00-12.00 WIB.

Meeting ID    : 81710745619  

Passcode     : FGDPUPUK

Zoom : rebrand.ly/Diskusi-Pupuk

Facebook : rebrand.ly/FGDPUPUK

Youtube : rebrand.ly/FGD-PUPUK

 

Reporter : SINAR TANI
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018