Monday, 06 December 2021


1.964 Petani Tapanuli Tengah Terima KUR Pertanian

31 Aug 2021, 09:36 WIBEditor : Yulianto

Pemberian KUR kepada petani | Sumber Foto:Gultom

TABLOIDSINARTANI.COM, Tapanuli Tengah---Kredit Usaha Tani (KUR) menjadi satu cara pemerintah untuk membantu petani mendapatkan modal usaha. Tahun ini setidaknya pemerintah mengalokasikan sebanyak Rp 70 triliun untuk KUR pertanian.

Dalam mendukung program tersebut, Bupati Tapanuli Tengah, Bahktiar Ahmad Sibarani bersama Bank BNI cabang Sibolga menyerahkan secara simbolis KUR pertanian padi kepada 20 orang petani dari 1.964 petani untuk tahap pertama. Direncanakan tahun depan akan ada 21.000 petani yang akan mendapat KUR.

Para petani yang mendapat fasilitas kridit usaha pertanian tahap pertama dari Cabang BNI Sibolga berasal dari kecamatan Sorkam dan Sosorgodang. Pemberian KUR tersebut bertepatan pada Hari Ulang Tahun  ( HUT )  Kabupaten Tapanuli Tengah yang ke 76.

Dalam sambutan Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan cukup bahagia dan senang menyalurkan KUR pertanian. Apalagi menjadi bagian dari salah satu visi besarnya dalam memimpin Tapanuli Tengah agar pertanian maju dan masyarakatnya  sejahtera.

Dalam penyaluran KUR tersebut, Bakhtiar mengatakan, pihaknya juga menggandeng PT Daun Agro Nusantara sebagai pendamping petani dari mulai tanam sampai panen. “Dengan adanya off taker diharapkan petani tidak lagi sulit memasarkan hasilnya, karena sudah ada jaminan pasar, sehingga diharapkan produksi yang selama ini 5 ton menjadi 8 ton/ha,” kata BS panggilan akrab Bupati Muda itu di Gelanggang Olah Raga Tapanuli Tengah, Selasa (24/8).

BS menyampaikan, KUR pertanian ini fokus hanya dua komuditi yaitu padi dan jagung. “Kami telah berkordinasi dengan Kementerian Pertanian Pertanian untuk fokus di Tapanuli Tengah sektor pertanian, termasuk dengan BNI wilayah Sumut. Diharapkan tersalurkan Rp 150 miliar guna mendukung swasembada pangan Tapanuli Tengah dengan kolaborasi BNI ini secara nyata,” katanya.

Sementara itu, Kepala cabang BNI Sibolga Guntur Pangaribuan menyampaikan, pada prinsipnya siap mensuport program pemerintah dalam sektor pertanian, termasuk optimalisasi KUR pertanian di Tapanuli Tengah

Direktur Utama PT Daun Agro Nusantara, M. Hadi Nainggolan menyampaikan siap berkolaborasi dengan Pemerintah Tapanuli Tengah dan BNI serta petani dalam mewujutkan swasembada pangan, khususnya di Tapanuli Tengah.

“Kami sudah mempersiapakan tenaga agronomis (budidaya,red) yang mendampingi petani untuk keberhasilan usaha taninya. Kami juga telah mempersiapkan harga yang baik untuk hasil panen nantinya,” kata Hadi kepada kontributor Tabloid Sinar Tani.

Reporter : RE. Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018