Saturday, 29 January 2022


Taksi Alsintan Peluang Usaha Baru, Berminat?

06 Jan 2022, 11:57 WIBEditor : Yulianto

Alat mesin pertanian | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Pemerintah membuka kesempatan bagi yang ingin membuka usaha Taksi Alsintan bisa melalui pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) di perbankan.

"Setiap orang bisa melakukan pengadaan alsintan ini melalui bank. Kemudian, mengoperasikannya bersama-sama petani dengan sistem bagi hasil," kata Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Ali Jamil, beberapa waktu lalu.

Dengan adanya Taksi Alsintan, ungkap Ali Jamil, petani bisa pesan melalui online bila ingin mengolah lahan pertanian dengan luasan yang disesuaikan daerahnya. Bisa roda 2 atau roda 4 atau alsintan untuk panen.

“Itulah yang dibutuhkan melalui Taksi Alsintan. Tahun 2022 ini akan bergerak cepat kita akan adakan Rakornas,” tegasnya.

Selama ini Ali Jamil menilai, massalisasi alsintan melalui program brigade alsintan dan Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA) masih sangat kurang. Untuk itu pada Tahun 2022, pemerintah akan bergerak cepat dan Himpunan Bank-Bank Negara (HIMBARA) baik BNI, Mandiri, maupun BRI sudah memiliki komitmen untuk membiayai melalui KUR untuk program Taksi Alsintan ini.

Karena itu Ali Jamil berharap nantinya akan ada tanda tangan komitmen antara pengelola Taksi Alsintan dan lembaga pembiayaannya untuk KUR alsintan yakni anggota Himbara (Himpunan Bank Negara) Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BNI. Pihak perbankan sendiri sudah berkomitmen membiayai KUR untuk Taksi Alsintan ini.

“Hitungannya tiap satu unit Taksi Alsintan yang coverage area-nya 150 ha sekitar Rp 1,8 milyar ada roda dua, roda empat, combain harvester, dan lain sebagainya. Nantinya siapa pun boleh berusaha Taksi Alsintan,” ujarnya. Siapa berminat?

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018