Tuesday, 17 May 2022


Poktan di Boyolali Antusias Ikuti Demo Alsintan Cultivator BEJE

20 Jan 2022, 19:58 WIBEditor : Herman

Demo Cultivator BEJE di Boyolali

TABLOIDSINARTANI.COM, Boyolali --- Bagi petani alat dan mesin pertanian (alsintan) memiliki peran yang sangat penting untuk sistem produksi pertanian modern yang efisien dan efektif. Banyak manfaat yang bisa dirasakan petani dalam menggunakan Alsintan, mulai dari menurunkan biaya produksi, meningkatkan indeks pertanaman, meningkatkan mutu produk, menekan susut hasil, dan efektivitas kerja dari sisi waktu, tenaga dan biaya.

Pentingnya sosialisasi alat dan mesin pertanian (alsintan) di kalangan petani, perusahaan alsintan PT Bahagia Jaya Sejahtera (BEJE), bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mengadakan kegiatan lapangan bertema “Sosialisasi dan Demo Alat Mesin Pertanian Produk Lokal” di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali pada Selasa (18/1).

Dalam sosialisasi yang dihadiri 25 orang petani ini, PT Bahagia Jaya Sejahtera (BEJE) melakukan berbagai kegiatan, mulai dari pengenalan alat mesin pertanian secara umum, demo pengoperasian cultivator, diskusi dan tanya jawab mengenai alat mesin pertanian bersama tim dari BEJE serta praktek mengoperasikan cultivator secara langsung di lapangan.

Antusiasme peserta terlihat saat demo produk cultivator di lapangan. Cultivator sendiri merupakan  sebuah mesin yang handal untuk menggemburkan tanah, cultivator menjadi solusi bagi petani untuk mengolah lahan pertanian dengan lebih cepat dan efektif, bila dibandingkan dengan mencangkul secara konvensional.

“Kegiatan sosialisasi dan demo alat mesin ini adalah sebagai upaya memperkenalkan dan memberikan informasi penggunaan kepada masyarakat petani untuk meningkatkan produksi dan produktivitasnya,ungkap Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali, Sri Haryanti, S.P, MM.

Sri berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi dan demo alat mesin pertanian ini, pengetahuan dan keterampilan petani dapat lebih ditingkatkan dalam hal perencanaan, pemilihan, penggunaan sarana prasarana produksi (alat mesin pertanian), dan manajemen yang tepat dan benar.

Lebih lanjut, dengan penerapan mekanisasi pertanian yang tepat akan mampu menarik minat generasi muda untuk menekuni dan aktif dalam mengembangkan pertanian Indonesia di masa yang akan datang.

Penerapan mekanisasi akan membantu mempercepat transisi bentuk ekonomi menjadi bersifat industri. Tujuan tersebut akan dapat tercapai jika dapat dilakukan melalui perencanaan, pemilihan, dan penggunaan sarana prasarana produksi (alat mesin pertanian) yang tepat dan benar, serta manajemen yang baik.

 

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018