Tuesday, 17 May 2022


Kreatifitas Petani Desa Mulyorejo Membuat Dekomposer Untuk Lahan Pertanian

27 Jan 2022, 15:28 WIBEditor : Herman

Pembuatan dekomposer petani desa Mulyorejo

TABLOIDSINARTANI.COM, Bojonegoro --- Banyak cara dilakukan petani untuk meningkatkan kesuburan tanah sehingga menghasilkan panen berlimpah. Seperti Poktan Maju Makmur, dengan bimbingan PPL setempat membuat dekomposer sebagai pengurai kompos yang akan diaplikasikan di lahan pertanian.

Guna menekan biaya operasional, para petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Makmur Jaya dan Glagah Wangi melakukan pembuatan dekomposer pengurai pupuk kompos yang nantinya akan digunakan di lahan pertanian mereka.

 Dalam kegiatan yang juga dihadiri pengurus Poktan Glagah Wangi, Kastur dan Poktan Makmur Jaya, Maimon, para petani mendapatkan bimbingan dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Desa Mulyorejo, Maskan Hadi. Disela-sela kegiatan, Maskan Hadi mengatakan pembuatan dekomposer ini dilakukan untuk mengurangi biaya produksi di dalam mengolah lahan dan menghasilkan hasil panen yang melimpah.

“Petani harus meningkatkan kreatifitas di dalam menyuburkan lahan pertaniannya, salah satunya dengan membuat dekomposer sebagai bahan pengurai pupuk kompos,”tuturnya.

 

Secara teknis pembuatan dekomposer tidak sulit, petani memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat dekomposer antara lain brabas/rumen kambing atau sapi 5 kg, dedak halus 5 kg, nanas 2 kg yang diblender dengan kulitnya, air cucian beras/leri 10 lt, molase/tetes tebu 6 lt. 

Sedangkan alat-alat yang dibutuhkan antara lain, drum plastik, ember, alkohol, spray dan alat pengaduk. “Proses pembuatannya terbilang mudah yaitu dengan mencampurkan semua bahan dalam media perkembangbiakan, dicampur dan diaduk agar terlarut secara merata, selanjutnya fermentasi dilakukan secara tertutup, dan setiap pagi diaduk selama 2 menit dalam rentang waktu 5-7 hari,” jelas Maskan. 

Diungkapkan Maskan Hadi, perkembiakan untuk memperbanyak secara berulang dapat dilakukan dari hasil yang sudah jadi. Dekomposer dapat dibiakkan lagi dengan menjadikan 5 bagian dan setiap bagian ditambahkan bahan-bahan antara lain 15 liter molase/gula tetes, 10 liter air cucian beras, 10 kg dedak, 5 kilogram nanas yang sudah diblender dan air sebanyak 150 liter. 

Cara mengaplikasikan dekomposer pada kompos sebenarnya sangat sederhana. Bila lebih banyak takarannya, maka akan semakin cepat mengurai dan mempercepat proses pengomposan.

 

Pupuk kompos untuk ukuran 1(satu) ton bahan organik, dekomposernya 1(satu) gayung. Disamping mempercepat proses pengomposan, decompose juga dapat menyuburkan dan menggemburkan lahan pertanian, serta dapat membantu mengembalikan siklus nutrisi tanah.

Reporter : Soleman
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018