Senin, 22 April 2024


Perbaikan Irigasi Batang Ilung, Pengaruhi Pertanian Padanglawas Utara

25 Mei 2022, 10:27 WIBEditor : Herman

Irigasi Batang Ilung | Sumber Foto:Gultom

TABLOIDSINARTANI.COM, Padanglawas Utara ---  Sebagai lumbung pangan Provinsi Sumatera Utara, pertanian di Kabupaten Padanglawas Utara terus berbenah. Salah satunya perbaikan irigasi Batang Ilung yang menjadi titik nadir pengairan lahan pertanian.

Kabupaten Padanglawas Utara yang merupakan Kabupaten Pemekaran Tapanuli Selatan terdiri dari 12 Kecamatan, 2 Kelurahan, 386 desa dengan luas wilayah 3.918.05 km2, dan jumlah penduduk 272 713 jiwa (2019).

Dengan  luas baku pertanian sawah lebih kurang 17.775 ha (BPS) tidak heran bila Kabupaten Padanglawas Utara menjadi penopang atau penyangga  ketahanan pangan provinsi Sumatera Utara. Ada dua Kecamatan yang luas areal pesawahannya cukup luas, yaitu Kecamatan Padang Bolak 5.377 ha dan Kecamatan Portibi 4.590 ha (BPS 2019 Paluta).

Untuk pengairan area pertanian di Kabupaten Paluta, irigasi Daerah Irigasi Batang Ilung memiliki peran yang sangat vital. Karena itu, perbaikan irigasi yang saat ini sedang berlangsung menjadi harapan agar kedepan pengairan persawahan di dua Kecamatan di Paluta lebih lancar sehingga meningkatkan produktivitas.

Seperti disampaikan PPL Supervisor, Imam SP BPP Padang Bolak, melalui ponselnya kepada team Tabloid Sinar Tani. Rencana tanam tahun 2022 ini lebih kurang 4.033 hektar, dengan dua pola tanam di WKBPP Paluta IP 2. yaitu 1.084 hektar dan IP 3 yaitu 2.949 hektar. Dengan belum rampungnya irigasi di Batang Ilung membuat target tanam tidak tercapai.

Pada bulan April dan Mei ini petani sudah semai dengan harapan bulan Mei sudah dapat tanam," ungkapnya.

Sementara itu untuk Kecamatan Portibi, koordinator WKBPP Portibi, Asbin SP juga berharap daerah Irigasi Batang Ilung tahun ini sepenuhnya dapat di aliri, sehingga target pola tanam baik IP2 dan IP3 dapat tercapai.

Kordinator Fungsional Penyuluh Kabupaten, Gong Matua SP yang juga sekretaris DPD PERHIPTANI PALUTA membenarkan bahwa ada perbaikan irigasi Batang Ilung. Dan saat ini masih dilakukan kordinasi PU pengairan Provinsi/BWS dan perbaikan secara maksimal

“Diharapkan dalam beberapa bulan ini akan selesai sehingga kebutuhan air terpenuhi dan hasil panen juga akan baik,pungkasnya.

Reporter : Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018