Thursday, 30 June 2022


Kendalikan Penggerek Batang Padi, FMC Tawarkan Prevathon 50SC

10 Jun 2022, 18:25 WIBEditor : Yulianto

Sikulus hama PBP | Sumber Foto:Dok. Sinta

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Dalam membantu petani mengendalikan penggerek batang padi, FMC memiliki Prevathon 50SC dengan bahan aktif klorantraniliprol. Produk tersebut adalah insektisida sistemik racun kontak, lambung dan syaraf yang bekerja secara translaminar untuk mengendalikan penggerek batang padi.

“Ini cukup menarik karena klorantraniliprol bisa bekerja pada waktu yang tepat yaitu yang tepat jadi saat pengerek batang meletakan telurnya. Dengan racunya yang nempel pada cangkang telur, membuat ketika telur menetas larva akan memakan cangkang tersebut dan mati,” tutur Crop Manager  PT. FMC Agricultural  Manufacturing, Agus Suryanto.

        

Agus menambahkan, kelebihan Prevathon dapat menembus cangkang telur yang tebal dan berlapis mulai dari lapisan seperti kapas, lapisan seperti lilin dan terakhir cangkang itu sendiri. Prevathon 50SC dapat digunakan  dengan  konsentrasi 3 ml/lt air. “Cukup diaplikasikan hanya 2 kali dalam 1 musim tanam, yaitu pada umur 21 dan 28 HST (Hari Setelah Tanam, red),” katanya.

Aplikasi umur 21 HST ditujukan untuk memutus siklus awal penggerek batang. Dengan demikian mengurangi serangan penggerek batang di fase berikutnya (generatif), serta melindungi proses pertumbuhan aktif tanaman menuju anakan produktif. Sedangkan aplikasi umur 28 HST ditujukan untuk melindungi bakal malai yang sudah mulai terbentuk agar terhindar dari serangan beluk.

Sementara untuk mengatasi serangan penggerek dipersemaian, Agus mengatakan, pihaknya mempunyai produk ferterra dengan formulasi granul. Aplikasinya bisa berbarengan saat penaburan. Dengan bahan yang sama klorantraniliprol bisa diaplikasikan saat pemupukan pertama. Cukup 2-3 kg untuk 1 hektar,” ujarnya.

Jadi menurut Agus, istilahnya imunisasi. Sebab, produk tersebut akan diserap secara slow release oleh akar. Kemudian akan sistemik dan bertahan pada jaringan tanaman, sehinga saat pindah tanam bisa bertahan  dan memproteksi saat awal tanam.

Dengan berbagai keungulan yang dimiliki Prevathon selama 15 tahun telah menjadi pilihan petani mengendalikan pengerek batang padi. Selain itu, Prevathon 50SC yang berlabel hijau relatif ramah lingkungan juga tidak mematikan musuh-musuh alami atau serangga bermanfaat lainnya. 

Aplikasi Sobat Jempolan

Ingin mendapatkan produk Prevathon dan terhidar dari produk palsu? Petani bisa membeli melalui online, melalui aplikasi Sobat Jempolan. Dalam aplikasi ini petani bisa mendapatkan informasi daftar rekanan resmi/mitra FMC di semua daerah seluruh Indonesia.

Pada aplikasi Sobat Jempolan juga terdapat berbagai produk dari FMC, termasuk Prevathon dan produk berwawasan jempolan lainnya. Selain itu juga serta informasi hama penyakit pada tanaman lain seperti  jagung hingga sayuran.

Reporter : Herman
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018