Thursday, 30 June 2022


Traktor Berbasis Listrik, Alsintan Ramah Untuk Petani

16 Jun 2022, 16:07 WIBEditor : Herman

Kunjungan Ketua Asosiasi Alsintan Indonesia, Ir Mindo Sianipar ke Pabrik Pembuatan Alsintan Berbasis Listrik di Bogor | Sumber Foto:Istansu

TABLOIDSINARTANI.COM, Serdang Bedagai --- Tidak bisa dipungkiri, alat mesin pertanian (Alsintan) saat ini menjadi salah satu pendorong peningkatan produksi pertanian tanah air. Karena itu, berbagai pengembangan dan inovasi terus dilakukan agar menghasilkan Alsintan yang berkualitas dan terjangkau bagi petani. 

Bicara mengenai inovasi Alsintan, Ketua Asosiasi Alsintan Indonesia, Ir Mindo Sianipar menyampaikan bahwa saat ini Alsintan tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak (BBM) melainkan menggunakan Listrik sebagai pengeraknya, sehingga sangat mudah dan menguntungkan bagi petani sekaligus dapat memberikan hasil maksimal. 

“Terkadang kita sedih melihat petani mau olah tanah kesulitan BBM terkadang habis dan berurusan dengan penegak hukum. Kedepan akan dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak seperti kesiapan Perusahaan Listrik Negara (PLN), serta sentra pengisian listrik umum sampai tingkat desa agar Alsintan berbaahan bakar listrik ini bisa digunakan secara luas oleh para petani,” ujarnya saat meninjau pabrik PT Octagon di Bogor,Kamis (9/6).

Lebih lanjut anggota Komisi IV DPRRI ini juga menghimbau kepada Kementerian Pertanian kiranya segera mensoasialisasikan  Alsintan ini kepada masyarakat petani melalui Perangkat BSDMP, begitu juga kepada PT. Octagon Precision Indonesia sebagai pemasar dan WIKA Manufakture yang memproduksi dan maintenance serta penyedia suku cadang. 

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan, Heru Tri Widarto, S.Si, M.Sc yang didampingi Direktur Utama PT Octagon Precision Indonesia,Sumardi...menyampaikan bahwa Kementan menyambut baik hadirnya Alsintan berbahan bakar listrik ini dan segera mensosialisasikan kepada petani serta masyarakat.

Ketua Perhiptani Sumut, Ir H Soekirman kepada Sinar Tani menyampaikan, peningkatan produksi pertanian tidak lepas dari penggunaan alat mesin pertanian (Alsintan) oleh para petani,

Lebih lanjut mantan Bupati Serdang Bedagai periode 2016-2021 ini mengatakan bahwa Alsintan berperan sangat penting dalam membantu berbagai permasalahan produksi pertanian. Dimana petani yang terkadang tidak bisa melakukan pertanaman serentak yang bepengaruh terhadap mutu dan harga, serta terbuangnya gabah akibat rontoknya gabah karena terlambat di panen, sedangkan harga yang setiap hari berubah, terlebih padi yang terkena serangan hama. 

Apa yang disampaikan H. Soekirman tersebut sejalan dengan program Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, yang disampaikan saat kuliah umum Di Polbangtan Medan, 3 Maret 2022, bahwa kedepannya kesulitan petani dapat diatasi dengan Inovasi Teknologi TAXI ALSINTAN

Reporter : Istansu
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018