Sabtu, 01 Oktober 2022


DKPP Bojonegoro Lakukan Survei, JUT Di Desa Mulyorejo Segera Terwujud

09 Sep 2022, 14:59 WIBEditor : Herman

DKPP Bojonegoro Survei JUT | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.COM, Bojonegoro --- Sebagai upaya meningkatkan hasil produksi pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bojonegoro  melakukan kunjungan dalam rangka survei lapangan di Desa Mulyorejo, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro. 

Kunjungan tim Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bojonegoro dan Koordinator Penyuluhan (Korluh) Pertanian Kecamatan Tambakrejo merupakan langkah awal untuk pembangunan Jalur Usaha Tani (JUT).

Kegiatan penentuan lokasi pembangunan JUT yang dihadiri pengurus Poktan Makmur Jaya dan pengurus Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Mulyorejo ini harus ditetapkan secara akurat agar pembangunan JUT dapat memberikan manfaat yang optimal dan tepat sasaran.

Pembangunan JUT ini merupakan wujud realisasi anggaran yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun Anggaran 2022 yang diterima dinas terkait.

Dengan adanya JUT diharapkan nantinya akan lebih mempermudah masyarakat dalam mengangkut hasil produksi pertanian, hasil panen maupun distribusi pupuk, sehingga dapat  unutk mendukung suksesnya program ketahanan pangan nasional. 

Sebelumnya anggota kelompok tani berinisiatif membenahi akses jalan usaha tani secara gotong royong, dengan menata timbunan batu kapur agar jalannya menjadi padat dan mudah dilewati petani. Kegiatan ini sukses dan antusias para petani juga tinggi, mereka juga bersemangat untuk menata akses jalan yang berlumpur agar menjadi padat dan dapat dilalui.

Poktan Makmur Jaya sangat mengapresiasi bantuan ini, harapannya dengan adanya bantuan pembangunan JUT tersebut ke depannya akan semakin meningkatkan produktivitas petani di Desa Mulyorejo khususnya di wilayah pertanian Poktan Makmur Jaya.

Terkait komoditas tembakau yang menjadi andalan di desa Mulyorejo, Ketua Gapoktan Desa Mulyorejo, Arifin mengatakan di Desa Mulyorejo ini sudah semakin banyak warga yang menjadi perajang tembakau selama kurang lebih dua tahun terakhir.

Ketika mendengar informasi tersebut, salah satu Tim DKPP Bojonegoro menunggu proposal permohonan bantuan mesin Rajang tembakau dari warga, agar dapat meningkatkan hasil produksi tembakau rajangan.

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018