Kamis, 09 Februari 2023


Mandiri Pangan dan Berdaulat Benih, KemenBUMN Dukung MPPI

30 Nov 2022, 04:03 WIBEditor : Gesha

Menteri BUMN, Erick Thohir bersama Ketua Umum MPPI, Herman Khaeron | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Kemandirian dan Kedaulatan Benih serta Bibit sektor Pertanian memerlukan partisipasi berbagai pihak, salah satunya Kementerian BUMN dan insan pertanian seperti Masyarakat Perbenihan dan Perbibitan Indonesia (MPPI). 

"Kalau mau mandiri pangan bibit (dan benih)nya harus mandiri. Di KemenBUMN transformasi pangan jadi yang utama," sebut Menteri BUMN, Erick Thohir saat memberikan Keynote speech dalam Pengukuhan Dewan Pengurus MPPI dan Talkshow "Revolusi Industri Perbenihan dan Perbibitan Indonesia" yang digelar MPPI bersama TABLOID SINAR TANI di Kantor PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) di Jakarta, Rabu (30/11). 

Lebih lanjut Erick menambahkan, pertumbuhan ekonomi khususnya kelas menengah mengalami kenaikan yang signifikan sehingga meningkatkan daya beli masyarakat. Kenaikan daya beli dan kelas masyarakat tersebut membutuhkan pangan yang tersedia dengan baik. 

Tentunya, kebutuhan benih dan bibit memerlukan dukungan semua pihak. Termasuk Kementerian BUMN yang sedang berkomitmen menciptakan ekosistem pangan untuk semua pihak yang terlibat. "Kerjasama BUMN private sector, peneliti maupun pelaku petani. Tidak kalah pentingnya adalah ekosistem UMKM untuk hilirisasi produk, " jelasnya. 

Karena itu, KemenBUMN sangat menyambut terbuka kerjasama dengan insan pertanian seperti MPPI yang memiliki konsern dalam bidang perbenihan dan perbibitan sektor pertanian khususnya pangan. 

Ketua Umum MPPI, Herman Khaeron pun menyambut ajakan penting dari Erick Tohir sebagai KemenBUMN untuk bersama membangun benih dan bibit sektor pertanian agar berdaulat dan menjadikan Indonesia Mandiri Pangan. 

"Agresivitas KemenBUMN harus diberikan apresiasi. Contohnya adalah pembentukan ID Food untuk semakin masuk ke hulu salah satunya SHS sebagai penyedia benih, " sebut Herman. 

Herman menambahkan, BUMN menjadi bagian terpenting dalam implementasi UU 18 2012 untuk pangan berdaulat. MPPI menjadi wadah yang menaungi praktisi dan pelaku perbenihan untuk tetap pertahankan Indonesia sebagai negara berdaulat benih dan mandiri. 

"MPPI membuka diri untuk bersama KemenBUMN untuk membangun pertanian yang berdaulat maju dan mandiri," tegasnya. 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018