Senin, 17 Juni 2024


Masifkan Penggunaan Pupuk Organik, PPL Desa Damai Aktif Edukasi Petani

06 Nov 2023, 15:39 WIBEditor : Herman

PPL Desa Damai Edukasi Petani Tentang Pupuk Organik | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Sidrap --- Penggunaan pupuk organik sebagai solusi langkanya pupuk subsidi saat ini menjadi sangat penting.  Karena itu Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Damai Syamsul Bahri  aktif melakukan pengawasan dan pendampingan penyaluran pupuk organik di desa Binaa.

Seperti yang dilakukan pada kelompok  Tani  Resky Utama beberapa waktu lalu, Syamsul mengatakan   pendampingan ini adalah untuk memastikan pupuk organik sampai ke tangan petani yang berhak menerima dan digunakan dengan efektif.

Tidak hanya melakukan pengawasan dan pendampingan, Syamsul Bahri juga intens memberikan edukasi kepada petani terkait pemanfaatan pupuk organik dari pemerintah.

Edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya pupuk organik dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar untuk meningkatkan hasil pertanian.

"Kami ingin memastikan bahwa pupuk organik ini benar-benar bermanfaat bagi petani. Oleh karena itu, kami memberikan edukasi tentang bagaimana cara menggunakan pupuk organik ini dengan efektif," ujar Syamsul Bahri.

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Damai  mengaku mengajak petugas dari TNI (Babinsa) Desa Damai untuk bekerja sama.

Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pendampingan dan pengawasan penyaluran pupuk organik.

"Kami bekerja sama dengan TNI (Babinsa) Desa Damai untuk memastikan bahwa penyaluran pupuk organik berjalan dengan baik dan tepat sasaran. Kami juga berusaha untuk memberikan edukasi yang tepat kepada petani tentang bagaimana cara menggunakan pupuk organik," tambah Syamsul Bahri

Kerja sama antara PPL dan TNI (Babinsa) ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat  khususnya para petani di Desa Damai. Mereka merasa dihargai dan didukung dalam upaya mereka untuk meningkatkan hasil pertanian.

"Kami sangat menghargai bantuan dan dukungan dari PPL dan TNI (Babinsa). Dengan adanya pendampingan dan pengawasan ini, kami merasa lebih tenang dan yakin dalam menggunakan pupuk organik," ujar Ketua Kelompok Tani Resky Utama Haeruddin T.

Melalui pendampingan dan edukasi ini, PPL Desa Damai Syamsul Bahri berharap dapat membantu petani  untuk meningkatkan produktivitas pertanian mereka. Inisiatif ini menunjukkan komitmen PPL dan TNI (Babinsa) dalam mendukung sektor pertanian di Desa Damai.

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018