Minggu, 14 April 2024


Konferensi AgriBusiness SE Asia, Tingkatkan Kualitas Industri Pestisida

12 Nov 2023, 10:14 WIBEditor : Herman

Seminar and Exhibition AgriBusiness SE Asia | Sumber Foto:Arief

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Melihat pentingnya kerjasama dalam bidang industri dan perdagangan pestisida, Asosiasi Crop Care Indonesia bersama Meister Media Worldwide (MMW) mengambil langkah nyata. Yaitu dengan menggelar Seminar and Exhibition AgriBusiness SE Asia dengan tema Innovative Agriculture: Disruption Driving New Products and Technology in Southeast Asia.

Kegiatan yang dilaksanakan  8 - 9 November 2023, di Hotel Pullman Jakarta Central Park ini diikuti lebih dari 400 pengunjung yang berasal dari berbagai negara dan menampilkan 40 perusahaan peserta pameran dari Indonesia, Amerika, China, India dan negara lainnya.

Delegasi yang hadir terdiri dari para pemimpin perusahaan, produsen agrokimia, formulator agrokimia (toller), dan distributor agrokimia, pupuk, produk biologi, produk teknologi pertanian, dan otoritas terkait di Indonesia.

Dalam sambutanya Ketua Umum Asosiasi Crop Care Indonesia, Sudradjat Yusuf  menyakini acara ini  akan menjadi acara yang luar biasa karena dihadiri pengunjung dari seluruh dunia dan 400 pengunjung akan mengikuti seminar internasional yang berkualitas tinggi.

Mengusung tema “Innovative Agriculture: Disruption Driving New Products and Technology in Southeast Asia” acara ini menyoroti trend pasar utama termasuk pasokan dan permintaan input pertanian (agrokimia dan pupuk), strategi produk biologis, inovasi pasar, dan bagaimana teknologi precision farming berdampak pada aplikasi dan penggunaan produk.

“Bermitra dengan AgriBusiness Global akan memberikan peluang besar bagi kita semua yang berpartisipasi dalam acara ini." Ujarnya.

Sementara itu Group Director, AgriBusiness Global, Eric Davis mengaku bangga bisa kembali ke Indonesia dan berkolaborasi dengan Crop Care dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Pasar lokal dan Asia Tenggara berubah dan berkembang dengan cepat. Bekerja sama dengan Crop Care, kami akan menangkap peluang-peluang utama yang ada di pasar yang dinamis ini." Tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Direktur Industri Kimia Hulu Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Putu Nadi Astuti yang diwakili Pembina Industri Ahli Madya Direktorat Industri Kimia Hulu Kemenperin  Tri Ligayanti menyampaikan kegiatan ini merupakan sesuatu yang sangat penting untuk perkembangan industri pestisida di Indonesia.

“Kami mengharapkan event ini bisa memberikan ide yang inovatif, dan masukan yang berharga dari para peserta untuk peningkatan kualitas produksi, dan penggunaan pestisida yang lebih aman ramah lingkungan,”ujarnya.

Lebih lanjut Tri Ligayanti mengatakan Pemerintah memberikan fasilitais dan insentif untuk kesuksesan bisnis pestisida di Indonesi. Pemerintah juga berkomitmen mendukung industry pestisida dengan memberikan fasilitas dan infrastruktur sektor pertanian khususnya pestisida. Hal tersebut dilakukan karena industr pestisida berperan penting dalam mendukung program Pemerintah.

Dalam Seminar and Exhibition AgriBusiness SE Asia ini peserta mendapatkan berbagai pengalaman. Diantaranya dalam hal Jaringan dan Eksplorasi Bisnis karena dalam kegiatan ini terhubung dengan para pemimpin industri agrokimia.

Menemukan sumber-sumber baru (supplier) untuk agrokimia, pupuk dan teknologi pertanian; mengeksplorasi peluang bisnis baru, dan tetap mengikuti perkembangan pasar.

Peserta juga mendapat wawasan baru untuk kesuksesan masa depan, karena dalam kegiatan ini  para pakar di industri yang telah berpengalaman memberikan panduan dalam menangkap peluang dan menjawab tantangan saat ini dan masa depan di pasar agrokimia.

Beberapa hal yang juga menjadi sorotan dalam Seminar and Exhibition AgriBusiness SE Asia adalah penelitian 5 hingga 10 tahun ke depan untuk tren pestisida dan pestisida biologi secara global serta dampaknya terhadap negara-negara di Asia Tenggara.

Selain itu juga update mengenai Sourcing dan Supply, juga informasi mendalam dari pasar China dan India. Serta akan membahas tentang produk biologi, teknologi pertanian, ajuvan dan inert, serta isu-isu regulasi. 

AgriBusiness Global

AgriBusiness Global, sumber berita multi-media perlindungan tanaman dan publikasi digital, memberikan informasi pasar dan solusi yang dibutuhkan oleh para profesional yang sibuk untuk menavigasi lingkungan yang berkembang dengan cepat saat ini. ABG telah memberikan keuntungan bagi para pengiklan dan mitra kami selama 37 tahun terakhir. Konten AgriBusiness Global memberdayakan keputusan bisnis yang lebih cerdas dan berkelanjutan untuk perusahaan dan influencer terkemuka di dunia, termasuk perlindungan tanaman (agrokimia tradisional dan biopestisida), kesehatan tanaman (biostimulan, NPK, mikro), dan teknologi pertanian (pertanian digital, keberlanjutan). Pelajari lebih lanjut di https://www.agribusinessglobal.com/ .

Asosiasi Crop Care Indonesia

Asosiasi Crop Care Indonesia, yang didirikan pada tahun 2000, adalah asosiasi pestisida dan pupuk yang beranggotakan perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional. Hampir semua perusahaan pestisida dan pupuk besar di Indonesia telah menjadi anggota asosiasi ini, di mana 60?ri anggota memiliki pabrik formulasi sendiri. Pelajari lebih lanjut di https://cropcare.or.id/ .

Reporter : Eko
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018