Jumat, 21 Juni 2024


Langganan Kekeringan, Pertanian Gunung Kidul Kini Disokong Pompanisasi

23 Apr 2024, 10:12 WIBEditor : Gesha

Pompanisasi menjadi jalan untuk Tingkatkan produksi | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Gunung Kidul -- Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Gunungkidul, DIY, dengan mengoptimalkan sumber air melalui program pompanisasi.

Staf Khusus Menteri Pertanian Sam Herodian mengungkapkan Kementan telah meninjau beberapa lokasi sumber mata air yang diyakini dapat mendukung potensi pertanian di Kabupaten Gunungkidul melalui pompanisasi.

Potensi di Gunungkidul sangat luar biasa. Berdasarkan laporan dari Wakil Bupati, rata-rata hanya satu kali panen setiap musim. Dengan tambahan pompanisasi, kami berharap dapat meningkatkannya,” ujarnya saat meninjau lahan persawahan di Kalurahan Pulutan, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, pada Senin (22/4/2024).

Sam berharap bahwa pemanfaatan pompa air akan mengoptimalkan potensi pertanian di Gunungkidul dan meningkatkan produksinya, sehingga dapat berdampak positif pada ketahanan pangan.

“Pompanisasi akan mendukung periode penanaman, yang biasanya hanya satu kali, diharapkan bisa lebih dari sekali,” tambahnya.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, menyambut baik program pompanisasi dari pemerintah pusat. Menurutnya, upaya tersebut akan membantu petani dalam mengoptimalkan sumber air.

"Kami optimis bahwa dukungan pompanisasi akan meningkatkan produksi pertanian di masa mendatang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Rismiyadi, mengungkapkan harapannya terhadap program dari Kementan yang diharapkan dapat mendukung produksi pertanian.

"Kami sedang mengidentifikasi potensi pertanian, yang biasanya hanya panen sekali dalam setahun. Kami mendorong agar dapat menanam lebih dari sekali dalam setahun," katanya.

Rismiyadi juga menyatakan bahwa Kementan telah menjanjikan pengiriman 26 pompa secara bertahap.

"Kami akan mendistribusikan pompa tersebut ke delapan kapanewon, dan ke depannya akan berusaha untuk mendapatkan lebih banyak lagi," tambahnya.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018