Jumat, 14 Juni 2024


Petani Lebak Sambut Tanam Musim Kemarau, Distan Maksimalkan Pompanisasi

21 Mei 2024, 08:58 WIBEditor : Gesha

Pompanisasi di Lebak Banten | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Lebak -- Pemerintah Kabupaten Lebak, di bawah kepemimpinan Penjabat Bupati Iwan Kurniawan, mengoptimalkan sistem pompa air untuk mengatasi kekeringan, memastikan hasil panen padi mencapai potensi maksimal.

“Ya, kita sudah menginventarisir titik rawan kekeringan area pesawahan. Bantuan pengadaan pompa dari Kementerian untuk titik-titik sawah yang rawan kering sudah disebar,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Rahmat ketika dihubungi tabloidsinartani.com, Senin (20/05).

Bantuan pompanisasi diberikan untuk menjaga kestabilan produksi pangan dan mencegah kegagalan panen, terutama mengingat tanaman padi di Lebak tidak mengalami masa tanam yang serentak tahun ini.

Pengoptimalan pompanisasi terfokus pada petani yang berada di sepanjang daerah aliran sungai, termasuk Sungai Ciujung, Ciberang, Cisimeut, Cilangkahan, dan Cimadur.

Sumber air permukaan ini dimanfaatkan untuk irigasi lahan pertanian, sehingga dapat menyelamatkan tanaman padi yang terkena kekeringan.

"Mengoptimalkan bantuan pompanisasi kepada petani untuk menarik air dari daerah aliran sungai atau embun sangat penting. Saat ini, masih ada petani yang sedang panen, sementara yang lain sudah mulai menanam. Tanam padi petani tahun ini tidak dilakukan secara serempak," ujar mantan camat Cibadak tersebut.

Ditambahkan Kabid Produksi Deni Iskandar, dengan hujan yang masih turun, kami mengimbau para petani di Lebak untuk segera menanam padi.

"Sudah saatnya untuk mulai menanam, dengan dukungan hujan meskipun menjelang musim kemarau. Penting untuk menanam segera, sehingga saat kekeringan datang, tanaman padi sudah kuat atau bahkan menjelang panen," katanya.

Kami juga mendorong optimalisasi penggunaan pompa. Puluhan pompa bantuan dari Kementerian Pertanian telah disalurkan kepada petani di daerah rawan kekeringan. “Sudah disalurkan pompa 3 inch 48 unit, pompa 4 inch 10 unit, pompa 6 inch 10 unit,” katanya.

 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018