Jumat, 14 Juni 2024


Tingkatkan Pendapatan Petani, Syngenta Perkenalkan Sistem Tanam 4 Kali Setahun

10 Jun 2024, 14:32 WIBEditor : Herman

Syngenta Gelar Expo NK 7328 Silase Faster Corn di Banjarnegara | Sumber Foto:Istimewa

Banjarnegara --- Syngenta NK memberi solusi kebutuhan pakan ternak yang setiap tahun selalu bertambah. Seiring dengan perkembangan peternakan Domba maupun Sapi.

Kegiatan Expo NK 7328 Silase Faster Corn diselenggarakan di Desa Joho Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut dihadiri 400 petani dari beberapa kecamatan di Kabupaten Banjarnegara diantaranya Kecamatan Bawang, Gumiwang, Purwonegoro, Susukan dan Rakit.

Regional Sales Manager Syngenta  Jawa Tengah, Teguh Arif Wicaksono mengatakan kegiatan Expo NK merupakan komitmen dari Syngenta NK untuk meningkatkan pendapatan petani.

Dalam kegiatan ini petani diajak untuk tanam NK Sumo dan dipanen untuk silase dengan umur 85 hari.

"Tanam jagung  panen silase, maka setahun petani bisa panen 4 kali. Biasanya petani menanam di lahannya maksimal 3 kali dalam setahun," katanya.

Ditambahkan Teguh, dengan Tanam 4 kali, maka pendapatan petani juga akan meningkat. "Paling cocok untuk panen silase adalah NK Sumo. Karena memiliki vigor tanaman bagus dan biomassa yang tinggi," jelasnya

Sementara itu, Distributor TJU Purbalingga, Umar Syahid mengatakan bahwa selama ini  benih NK Sumo paling banyak dicari petani dan mempunyai hasil yang tinggi.

Selain petani, acara tersebut juga dihadiri stakeholder yang berkaitan dengan silase. Diantaranya UD Jagung Kuning yang merupakan perusahaan trader silase, dan Koperasi Bima Lukar yang merupakan komunitas peternak biasa menggunakan silase jagung untuk pakan ternak di kalangan kelompok ternak binaannya.

Diungkapkan perwakilan UD Jagung Kuning, biasanya perusahaan tersebut mensuplai tebon jagung ke peternak besar yang berada di Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu peternak binaan dari Koperasi Bima Lukar, Maman mengatakan para peternak sangat antusias mengikuti kontes domba yang juga menjadi bagian dalam kegiatan tersebut.

"Kami kerap mengikuti kontes domba lokal se-Kabupaten Banjarnegara," ucapnya.

Maman berharap semoga kedepan akan lebih terjalin kerjasama dengan Syngenta NK untuk meningkatkan pendapatan petani dan peternak.

Syngenta NK menjadi solusi kebutuhan pakan ternak yang setiap tahun selalu bertambah, seiring dengan perkembangan peternakan sapi maupun domba yang semakin bergairah.

Kegiatan ini juga dihadiri Dinas Pertanian Kabupaten Banjarnegara, dan Distributor Benih TJU Purbalingga serta Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara. ADV

 

Reporter : Wasis
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018