Rabu, 22 Mei 2019


Motivasi Petani, Bantuan Alsintan Kembali Digulirkan

09 Jan 2019, 08:29 WIBEditor : Gesha

Sarana Pertanian diberikan agar petani termotivasi dan semangat bertani | Sumber Foto:SUTENG PRAMONO

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Pelaihari --- Mempunyai potensi pertanian yang mumpuni, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) kembali memotivasi petani untuk bertani dengan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Hal ini terungkap saat Bupati Tala Sukamta  menyerahkan Alsintan di halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Tala, Kamis (3/1).

Bupati Sukamta mengatakan saat ini pemerintah memberikan perhatian bagi petani.

"Bibit dibantu, alsintan dibantu, kurang modal ada fasilitas KUR yang bunganya rendah bahkan ada Asuransi untuk memberikan ganti rugi bila tanamannya rusak akibat bencana alam atau serangat penyakit. Oleh sebab itu tidak ada alasan lagi bagi petani untuk menelantarkan lahannya sampai ditumbuhi semak belukar," jelasnya.

Ditambahkannya, tidak ada alasan lagi bagi petani yang hidupnya susah. "Kesejahteraan petani mo enak atau susah tergantung pada kerajinan dan kegigihan kalian," tukasnya.

Bantuan diberikan itu adalah traktor roda empat kepada Kelompok Tani Karya Mandiri, satu unit corn planter kepada Kelompok Tani Rakyat Mufakat sebanyak 20 unit.

Selain itu, diserahkan bantuan cultivator kepada Kelompok Tani Manuntung sebanyak satu unit, traktor tangan kepada Kelompok Tani Bina Bersama sebanyak satu unit, pompa air kepada Kelompok Tani Maju Lestari sebanyak satu unit.

Tidak itu saja, bantuan herbisida kepada Gapoktan Bangun Banua sebanyak satu unit dan hibah pisang kepok manurun hasil kultur jaringan kepada Kelompok Tani Pasir Mas sebanyak 250 bibit pohon.

Reporter : Suteng Pramono S.Pt ( Penyuluh Pertanian Mady
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018