Friday, 18 June 2021


Penyuluh Pertanian Ikut Bimtek pada Perayaan Hari Tanah Sedunia

03 Dec 2019, 16:44 WIBEditor : Ahmad Soim

Bimtek Tanah pada Hari Tanah Sedunia | Sumber Foto:Dok

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor - Peringatan Hari Tanah Sedunia Tahun 2019 digelar Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBPSDLP) Kementerian Pertanian untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia, termasuk penyuluh dan petani, terhadap konservasi sumberdaya lahan di Indonesia (3-5/12).

Bimbingan Teknis tentang pengolahan pupuk organik, pembuatan hidroponik tenaga surya, cara membaca peta dan lain-lain digelar pada acara ini. Para Penyuluh Pertanian (PPL) dan petani serta mahasiswa ikut hadir dalam Bimtek ini. 

Peringatan tahun ini dimeriahkan dengan kegiatan open house, bimtek, technical soil judging contest, lomba melukis SJC, seminar pola makan sehat dan demo makan sehat, display produk, senam bersama talk show, orasi purna bakti dan launching SKK dan Peta Gambut, serta penandatangan MoU.

Sumberdaya lahan di Indonesia saat ini telah mengalami berbagai ancaman salah satunya adalah tingkat kesuburan tanah di Indonesia yang menurun yang ditunjukkan oleh kandungan C organiknya di bawah 2%. Untuk mengembalikan C organik ditambahkan C organik dengan memberikan bahan organik ke tanah. Dalam kesempatan ini BBPSDLP mengajak semua lapisan masyarakat untuk peduli dan ikut menjaga sumber daya lahan yang ada dengan semangat : ‘cinta tanpa beban, beri yang paling mudah’.

Peringatan diawali dengan transfer inovasi dan teknologi yang dihasilkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian – Kementerian Pertanian cq. BBPSDLP dengan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk mempertahankan dan melestarikan sumberdaya lahan khususnya pertanian.

Hari Tanah Sedunia Tahun 2019 mengusung tema: “Stop Erosi Tanah Selamatkan Masa Depan” mengingat sumberdaya lahan pertanian di Indonesia setiap tahun semakin menurun. Bimtek ini dilaksanakan di kampus BBSDLP – Cimanggu Bogor tanggal 3 – 4 Desember 2019.

Bimtek diikuti oleh sekitar 120 orang peserta dari unsur penyuluh pertanian, mahasiswa baik dari perguruan tinggi negeri, swasta dan politeknik pembangunan pertanian (polbangtan), praktisi pertanian, perwakilan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Peserta dibagi dalam 3 kelas agar lebih efektif dalam penyampaian materi maupun praktek di lapangan.

Untuk mengaplikasikan tema di atas, materi bimtek yang disampaikan adalah pengolahan pupuk organik, pembuatan hidroponik tenaga surya, cara membaca peta, sistem aplikasi PKSDSS, sistem aplikasi SPKL, sistem aplikasi si Sultan dan sistem aplikasi lokapeta.

Peringatan dibuka oleh kepala bidang kerjasama dan pendayagunaan hasil penelitian Dr Yiyi Sulaiman.  Dengan semangat ‘cinta tanpa beban memberi yang paling mudah’ BBPSDLP mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk care terhadap lahan khususnya lahan pertanian agar keberlanjutan sumberdaya lahan ini tetap terjaga untuk terus mendukung kehidupan umat manusia.

 

 

 

 

 

 

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018