Wednesday, 14 April 2021


50 Tahun Sinar Tani, Transformasi ke Media Digital

29 Aug 2020, 21:18 WIB

50 Tahun Sinar Tani, Tranformasi ke Media Digital | Sumber Foto:Ahmad Soim

Ahmad Soim - Pemimpin Redaksi Tabloid Sinar Tani

 

TABLOIDSINARTANI.COM - Pada usianya yang ke-50 tahun (29 Agustus 1970-29 Agustus 2020), Tabloid Sinar Tani akan memasuki dunia pers atau informasi digital. Nama, jaringan, dan pengalaman selama 50 tahun, sangat berharga bagi Sinar Tani untuk mentransformasi diri pada era digital ini.

Edisi cetak Sinar Tani akan dipertahankan. Namun dalam lima tahun kedepan (2021-2025) Tabloid Sinar Tani akan bertransformasi menjadi media digital. 

Produk yang sudah dan akan dikembangkan adalah situs portal tabloidsinartani.com, e-paper Tabloid Sinar Tani, Video Online (Sinta TV), dan pelatihan, event event organizer kegiatan serta sertifikasi. Semua itu akan dilakukan secara digital dan bila memungkinkan juga secara offline. 

Untuk melakukan transformasi itu kita sadar juga memerlukan skill SDM (product knowledge SDM secara massif) dan kecukupan modal yang memadai. Langkah ini sudah menjadi kebijakan dari manajemen.

Tentu kita akan melangkah untuk bisa melakukan sinergitas antara Media Cetak, e-Paper dan Digital Tabloid Sinar Tani dalam lima tahun kedepan.

Kita sadar Media Cetak eksis (ada) karena memiliki pembaca setia, beda dalam penyajian beritanya, dan terdokumentasi. Namun memiliki tantangan besar dalam era digitalisasi saat ini dan kedepan. 

Tantangannya adalah transparasi media cetak yang kalah dengan media online, oplah dan iklan media cetak yang menurun. Situasi itulah yang mengharuskan media cetak untuk mentranformasi menjadi media digital. 

Media digital Sinar Tani akan tetap melayani para Penyuluh Pertanian, Petani, Perusahaan Sarana dan Prasarana Pertanian serta stakeholder lainnya. Namun ada kesempatan di era digital ini meraih pasar pembaca dari kalangan milenial dan kalangan lain yang lebih luas.

Sebuah tantangan bagi kami. Kami berharap dukungan dari para penyuluh pertanian, petani, perusahaan sarana dan prasarana pertanian serta stakeholder lainnya untuk rutin mengunjungi situs kami di alamat tabloidsinartani.com. Kami akan hadir membawa aspirasi pertanian, penyuluh, petani, perusahaan Saprodi dan stakeholder pertanian dengan berita dan feuture serta artikel yang menginspirasi, berilmu, bermanfaat dan menghibur.

Pada usia emas Sinar Tani kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh stakeholder pertanian yang telah bersama kami ikut menyebarkan pembangunan, bisnis, informasi dan teknologi pertanian terkini. Kami sangat berharap kebersamaan ini bisa lebih cepat, efektif dan efisien dengan kehadiran Sinar Tani digital yang kami sinergikan dengan edisi cetak dan e-papernya. Dirgahayu ke 50 untuk Tabloid Sinar Tani. Semoga selalu jaya menjadi jendela Agribisnis.

Sinar Tani Digital: Agribisnis dalam Genggaman Anda.

 

BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018