Selasa, 22 Oktober 2019


Kementerian Pertanian Tidak Pernah Tertangkap OTT

12 Jun 2019, 06:57 WIBEditor : Gesha

Untuk ketiga kalinya selama tiga tahun berturut-turut, Kementan berhasil pertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). | Sumber Foto:TIARA

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Prestasi membanggakan selalu terukir oleh Kementerian Pertanian selama 5 tahun terakhir. 

“Kementerian Pertanian merupakan kementerian yang tidak pernah tertangkap Operasi Tangkap Tangan (OTT).” Hal tersebut disampaikan oleh Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan RI, Rizal Djalil pada konferensi pers acara Halal Bihalal Keluarga Besar Kementerian Pertanian di Jakarta, Selasa (11/6).

Pada acara yang sama dilakukan penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuanganKementerian Pertanian (Kementan) tahun 2018 kepada Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman.

Untuk ketiga kalinya selama tiga tahun berturut-turut, Kementan berhasil pertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Dengan anggaran Rp 24 triliun lebih atau 98% ini suatu kerja besar karena sifat pekerjaan di Kementan itu melibatkan masyarakat yang jumlahnya sangat masif jadi semua pekerjaan apapun mereka itu melibatkan masyarakat,” ujar Rizal.

Menurutnya, ini bukan merupakan mudah untuk bisa merealisasikan dana dengan nominal sebesar itu. “Tapi alhamdulillah Kementerian Pertanian bisa mencapai capaian itu,” tambahnya.

Rizal menegaskan, keberhasilan Kementan bukan hanya dalam konteks pengadaan pangan yang masyarakat lihat selama ini terutama menjelang puasa, selama puasa dan lebaran tidak ada gejolaknya.

Secara kuantitatif BPS juga menyampaikan nilai tukar petani naik secara signifikan, demikian juga nilai tukar usaha pertanian. Jadi bukan hanya nilai tukar petaninya, tapi lebih spesifik lagi nilai tukar usaha pertanian.

Reporter : Tiara
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018