Sabtu, 07 Desember 2019


Ayo Ramaikan Soropadan Agro Expo 2019 !

27 Jun 2019, 06:44 WIBEditor : Gesha

Soropadan Expo 2019 kali ini bertema “Korporasi Petani dan Integrasi Teknologi Informasi Menuju Petani Semakin Sejahtera” . | Sumber Foto:TABLOID SINAR TANI

Di tahun kesembilan Soropadan Expo ini bakal memperkenalkan cashless, cara melakukan pemasaran produk-produk pertanian menggunakan teknologi informasi, peluncuran aplikasi android Agro Jowo, business matching, dan masih banyak lagi.

TABLOIDSINARTANI, Jakarta --- Akan ada yang berbeda dari Soropadan Agro Expo 2019. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Apa sih bedanya?” Mau tahu? Makanya datang ke Soropadan Agro Expo 2019 yang bakal berlangsung 4-8 Juli 2019.

Bertempat di Pusat Pelayanan Agribisnis Petani (PPAP) Soropadan. Jl Raya Magelang-Semarang KM.13, Soropadan, Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), Soropadan Expo 2019 kali ini bertema “Korporasi Petani dan Integrasi Teknologi Informasi Menuju Petani Semakin Sejahtera” .

Di tahun kesembilan Soropadan Expo ini bakal memperkenalkan cashless, cara melakukan pemasaran produk-produk pertanian menggunakan teknologi informasi, peluncuran aplikasi android Agro Jowo, business matching, dan masih banyak lagi.

“Kita mengenalkan cashless. Kita kerjasama dengan bank BUMN untuk sistem ini. Transaksi antara penjual dan pembeli. Masyarakat harus sudah diajarkan pembayaran ini lebih aman tidak melakukan pembayaran cash, melainkan cashless," tutur Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah,Dadang Somantri.

Dadang menambahkan dalam Soropadan Expo juga akan mengenalkan bagaimana melakukan pemasaran produk-produk pertanian menggunakan teknologi informasi.

Beberapa lembaga termasuk dari Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memberikan pelatihan bagi masyarakat tani di Jateng untuk memudahkan mereka menjual produknya baik lokal maupun ekspor.

Akan dihadirkan juga duta besar berkaitan dengan pemasaran ke luar negeri. Akan hadir Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman untuk membuka acara.

Kreatif dan inovatif

Dalam Soropadan Expo juga akan diluncurkan Aplikasi android Agro Jowo (agrojowo.distanbun.jatengprov.go.id).

Aplikasi ini menjadi sarana untuk berkomunikasi sehingga masyarakat tani bisa memasarkan melalui aplikasi tersebut berhubungan langsung dengan para pembeli.

"Ini dalam rangka memotong mata rantai distribusi. Sehingga harga di petani yang beberapa waktu lalu sering rendah, melalui ini mereka memiliki posisi tawar yang tinggi karena langsung bertemu dengan pembeli, tidak lagi melalui rantai-rantai yang lain," bebernya.

Diperkirakan akan ada 120 stan yang akan mengikuti pameran. Namun seluruh pemerintah dan masyarakat kabupaten terlibat. Akan hadir para pimpinan provinsi dan walikota Jateng, beberapa duta besar, para pengusaha.

“Akan dilakukan bussines matching tindak lanjutnya akan menggunakan digital. Jadi mempertemukan sekitar 20 pengusaha dengan penjualnya dan sudah terinventarisir produk-produknya unggulan apa yang akan dilakukan bussines matching-nya,” tambahnya.

Saat bussines matching berlangsung akan dilakukan negosiasi, dengan harapan akan terjadi kesepakatan jangka panjang. Sehingga para petani memiliki kepastian produknya akan ada yang menampung.

Reporter : Tiara
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018