Wednesday, 19 February 2020


Endang S Thohari - Anggota Komisi IV DPR RI: Pertanian Ujung Tombak Pertahanan Negara

12 Feb 2020, 12:12 WIBEditor : Ahmad Soim

Dr Endang S Tohari Anggota Komisi IV DPR RI | Sumber Foto:Dok

Indonesia yang mempunyai keanekaragaman hayati nomor 2 di dunia, mestinya bisa jadi lumbung pangan nasional bahkan dunia bila dikelola dengan baik.

TABLOIDSINARTANI.COM – Penyuluh pertanian diperlukan untuk mengawal dan membimbing para petani dalam memanfaatkan hasil hasil teknologi yang telah dihasilkan para peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian.

Dukungan penelitian sangat diperlukan agar para petani bisa meningkatkan produksi, efisiensi dan daya saing produk yang dihasilkan. Endang Setyawati Thohari, Anggota Komisi IV DPR RI berharap agar Kementerian Pertanian memberikan anggaran penelitian yang memadai. “ Anggaran penelitian di Kementrian Pertanian hanya 5 persen dari keseluruhan anggaran yang ada di Kementrian Pertanian,” tambah doktor alumni sebuah perguruan tinggi dari Perancis ini.

Endang yang juga pensiunan dari Kementerian Pertanian berharap bisa mendorong pemerintah membentuk Bank Pertanian.  Saat ini, selain aktif di DPR dari Partai Gerindra, Endang juga aktif  mengembangkan potensi lokal didapilnya Jabar III meliputi kota Bogor dan Cianjur.

Bagi Endang pertanian merupakan ujung tombak pertahanan nasional. Indonesia yang mempunyai keanekaragaman hayati nomor 2 di dunia, mestinya bisa jadi lumbung pangan nasional bahkan dunia bila dikelola dengan baik.

Endang menuturkan pernah ikut mendampingi Presiden Suharto pada saat menerima penghargaan dari FAO tahun 1986. Endang mengungkapkan pada saat pertemuan dengan para Presiden Afrika yang berbahasa Prancis dan Indonesia pada saat itu menyumbang satu juta ton beras ke Negara Afrika yang sedang memerlukan pangan, sempat menjadi penghubung pembicaraan Bahasa Perancis.

Sebagai tindaklanjut pertemuan itu, jelas Endang   para peneliti dan petani Afrika belajar menanam padi di Balai Besar Penelitian Padi di Sukamandi.

Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018