Friday, 01 July 2022


Anggaran dan Kebijakan Belum Menggerakkan Penyuluhan  

19 Jun 2020, 14:47 WIBEditor : Ahmad Soim

Penyuluhan untuk kesejahteraan petani | Sumber Foto:Dok

Mulyono Machmur - Petani pemerhati Penyuluhan Pertanian Indonesia.

TABLOIDSINARTANI.COM - Penyuluhan pertanian adalah proses pendidikan non formal bagi petani dan keluarganya agar pendapatan dan kesejahteraan petani meningkat.Penyuluhan pertanian merupakan hak petani dan kewajiban pemerintah (UU no 16 th 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (SP3K)).

Penyuluhan pertanian meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta mengubah sikap petani menuju bertani lebih baik (better farming); berusahatani lebih menguntungkan (better business); menuju kehidupan yg lebih sejahtera (better living).

Penyuluhan pertanian harus balik arah ke khitohnya dengan methodologi dan materi penyuluhan sesuai dengan perkembangan innovasi pertanian. Pertanian presisi dengan teknoligi 4.0 suatu keniscaan yang harus direspons oleh Penyuluh sebagai garda terdepan mendampingi petani.

Adanya perubahan sikap mental yang menghambat proses penyuluhan pertanian berakibat lambannya atau meredepnya serta lesunya kegiatan penyuluhan pertanian.

Seorang Penyuluh seperti halnya seorang guru setiap hari berkewajiban datang ke sekolah untuk mengajar malaupun tidak ada biaya khusus. Menjadi alasan seorang Penyuluh tidak mengunjungi kelas belajar petani karena kecilnya biaya operasional dan tidak ada biaya transportasi padalah itu tugas dan kewajibannya.

Kesulitan penyuluh mengumpulkan petani sebagai kelas belajar. Penyuluh harus menyediakan biaya kudapan dan biaya transportasi petani. Kualitas dan kapasitas serta kapabilitas penyuluh yang semakin memprihatinkan karena kurangnya pelatihan dan pendidikan vokasi bagi penyuluh. Mereka minder apabila berhadapan dengan petani.

Kebijakan dan dukungan penganggaran semakin tidak berpihak kepada penyuluh padahal Penyuluhan mempunyai dasar hukum yang kuat UU no 16 th 2006 tentang SP3K. PP no 43 tentang pembiayaan dan pembinaan penyuluh beserta peraturan perundangan turunannya.

Apapun programnya sdm pertanian kuncinya.

 

Karawang, 19 Juni 2020

Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018