Wednesday, 19 February 2020


Makan Sayuran dengan Cara Asik

07 Feb 2020, 12:19 WIBEditor : Clara

Sandra dan Ricky, owner Sunkrips | Sumber Foto:Tiara

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Apa yang terpikir ketika mendengar kata ‘cemilan’? Enak. Lalu apa yang terpikir jika mendengar kata ‘sayuran’? Lantas, bagaimana jika ‘ngemil sayuran’ ? Pasangan suami istri muda ini mengajak kita makan sayuran dengan cara tidak biasa. Gimana caranya? Dengan dicemil.

Sandra Alfina, awalnya bekerja di salah satu perusahaan minyak dan gas, namun pada 2014 memutuskan untuk berhenti. Ia merasa kehidupannya tidak lagi sehat terlebih jika ditugaskan di tengah laut atau hutan. Wanita kelahiran 16 Juli 1991 ini mengaku kondisi tersebut membuatnya tidak bisa tidur beberapa hari. Diputuskannya untuk berhenti dari perusahaan tersebut dan memulai kembali menjalankan pola hidup yang sehat dengan mulai olahraga, istirahat yang cukup, belajar berkebun serta masak sehat.

“Saya punya mimpi untuk memiliki kebun dan usaha tapi belum dapat gambarannya. Mei 2015 Saya mulai suka memposting masakan-masakan yang saya buat sendiri ke media sosial. Dan ternyata juga ada komunitas yang mengajak untuk makan sehat. Komunitas tersebut mengajak untuk mendukung mereka dalam bentuk goodie bag. Mulai dari saat itu dibuatlah logo,” jelasnya.

Semula Sandra memberikan merk dagang ‘Hello Sunshine’ karena seperti matahari terbit, sebuah harapan baru untuk hidup yang lebih sehat. Namun karena dinilai terlalu luas jenis makanannya, diubahlah merk dagangnya menjadi Sunkrisps karena lebih fokus ke snack (cemilan) sayuran.

Tujuan awal bisnisnya untuk mengajak orang menjalani hidup sehat. Dilihatnya orang-orang suka ngemil, Sandra pun membuat cemilan cookies, oat meal, almond milk, roti, keripik dan sebagainya hingga 2017. Di tahun yang sama, Ia mengikuti sebuah kompetisi makanan olahan. Berhubung pihak panitia memberikan persyaratan harus fokus jenisnya, maka Sandra memilih keripik kale dan ingin menjadi market leader-nya.

Dengan slogan ‘When Veggie Becomes Tasty’, Sunkrips mengajak orang-orang, terutama sejak masa anak-anak untuk menyukai sayuran dengan cara yang enak dan menyenangkan. Target utama pasarnya anak-anak mulai usia 7 bulan, tapi tidak tertutup kemungkinan juga untuk orang dewasa. “Orang dewasa pun juga cukup banyak yang tidak menyukai sayur tapi suka ngemil. Kami mengajak untuk menyukai sayuran dengan cara yang unik,” kata Sandra.

Selain itu, Sandra ingin mengedukasi masyarakat agar cemilan yang dikonsumsi harus yang sehat agar tubuh pun jauh lebih sehat. “Kami ingin mengedukasi dan mengajak makan sayur sejak dini dengan produk snack, di tengah banyaknya snack atau makanan instan yang tidak sehat dan banyak pengawet,” tambahnya.

Yuk, kita intip proses produksi dan pemasarannya...

Reporter : Tiara
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018