Sunday, 05 April 2020


Permintaan Tinggi, Empon-Empon Serbuk Olahan Petani Habis Terjual

20 Mar 2020, 13:35 WIBEditor : GESHA

Empon-empon instan mengalami kenaikan permintaan | Sumber Foto:Baihaqi

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Permintaan aneka empon-empon seperti jahe, kunyit. temulawak memang tengah tinggi pasca pandemi Corona ini. Tak hanya dalam bentuk segar, empon-empon dalam bentuk serbuk hasil olahan petani juga ludes terjual.

"Semenjak corona ini permintaan memang sangat naik. Semua orang memang sedang cari ini untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh," tutur Sekjen Forum Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian Nasional (FK THL TBPP Nasional) yang juga menjadi Penyuluh Pertanian Kabupaten Semarang, Baihaqi kepada tabloidsinartani.com.

Empon-empon serbuk ini diolah langsung oleh petani dan dipasarkan sendiri oleh dirinya ke beberapa daerah. "Kita pasok ini ke Bogor, Palembang, Jakarta, Kendari, Kolaka, Mojokerto, Semarang," bebernya.

Penjualan dari empon-empon serbuk ini dilakukan secara online melalui Whatsapp dan dikirimkan langsung oleh Baihaqi. "Saya pasang status di WA dan responnya sangat banyak. Setiap hari bisa kirim lebih dari 10 bungkus dari masing-masing bahan. Ada yang pesan paket isinya jahe, kunyit, dan lain-lain," tuturnya.

Bahan baku empon-empon serbuk ini diakui Baihaqi mudah diperoleh karena petani di daerahnya banyak yang membudidayakan. Sekali mengolah empon-empon serbuk ini dirinya mengaku menghabiskan bahan sekitar 3 kuintal. "Harga bahan baku segar memang naik terus, kita sih sesuaikan dengan modalnya. Itu yang kita olah," tuturnya.

Baihaqi mengaku masyarakat sekarang lebih menyukai yang instan daripada harus meracik atau menggodog bahan terlebih dahulu. "Dengan serbuk instan ini, pelanggan hanya tinggal menyeduhnya. Mau pakai air panas atau dingin juga bisa. Inilah peluangnya, karena ada nilai tambah berupa pengolahan harganya pun menjadi terkerek naik," tuturnya.

Tak hanya empon-empon instan, Baihaqi juga menjual wedang uwuh instan. Bagi masyarakat Yogyakarta, Wedang Uwuh memang menjadi minuman tradisional yang masih banyak peminatnya. Wedang uwuh ini terbuat dari rempah-rempah alami dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal unik dan nikmat, juga kaya akan khasiat untuk kesehatan. Wedang Uwuh dipercaya sebagai anti oksidan, anti kanker, dapat meringankan serta mencegah masuk angin dan batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi, batuk darah, kolesterol, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung.

 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018