Sunday, 28 February 2021


Makaroni Ubi Ungu Putra Abadi Hasilkan Omzet 9 Jutaan

14 Feb 2021, 10:25 WIBEditor : Gesha

Makaroni Ubi Ungu Putra Abadi | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Pagar Alam --- Usaha pengolahan pangan lokal berupa ubi ungu ternyata menarik jika digeluti. Buktinya, UMKM Putra Abadi di Pagar Alam ini mampu menghasilkan Rp 9 Jutaan per bulannya. 

"Kita disini iconnya adalah Makaroni Ubi Ungu. Bukan pastanya, tapi Snack yang dijadikan cemilan," ungkap owner UMKM Putra Abadi, Weni.

Weni merinci keuntungan yang diperoleh oleh usaha pengolahan ubi jalar adalah sebesar Rp 9 Jutaan per bulan. "Penjualan kita bisa tembus Rp 15 juta per bulan. Dikurangi biaya produksi Rp 6 jutaan," tuturnya 

Dirinya menekuni usaha pengolahan dan pemasaran pangan lokal sejak 2006, namun khusus untuk Snack makaroni ubi ungu ini, baru digelutinya 2010 silam. 

Seperti dilansir dari channel youtube Dunia Indra, Weni menuturkan dirinya mengorganisir kelompok wanita tani (KWT) Mandiri untuk membantu mengolah makaroni ubi ungu.

Semua perlengkapan mulai dari pengolahan, cetak hingga penggorengan dan pengemasan dilakukan secara manual. Tapi kualitas, cita rasa dan higienitasnya terjaga. 

Weni sengaja memang menjadikan makaroni ubi ungu ini menjadi ikonik dan jarang bisa ditemukan di tempat lainnya. 

"Meskipun diolah secara manual dan skala home industry, makaroni ini sudah dipasarkan keluar kabupaten Pagar Alam bahkan kota-kota di seluruh Indonesia melalui pemasaran online," tambah Weni.

Bahkan dirinya tidak menutup kemungkinan membuka diri untuk siapa saja yang ingin menjadi reseller atau pembelian grosir. "Bahannya dari kita. Kalau mau dicetak pakai merek sendiri, dipersilahkan," tuturnya. 

Tertarik untuk mulai mencoba?

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018