Friday, 16 April 2021


Di Tangan Hardi, Kale Lebih Mudah Dikonsumsi

05 Mar 2021, 07:55 WIBEditor : Yulianto

Hardi dengan tanaman kale | Sumber Foto:Hardi

TABLOIDSINARTANI.COM, Kota Batu----Daun kale merupakan salah satu sayuran yang berasal dari keluarga kubis, bersama dengan brokoli, kembang kol, dan sawi. Makanan yang dijuluki superfood dan dianggap sebagai makanan paling bergizi ini memiliki segudang manfaat yang tak perlu diragukan lagi.

Kale tumbuh subur di Kota Batu. Petani milenial asal Desa Bumiaji, Bumiaji, Kota Batu, Rakhmad Hardiyanto mengembangkan kale sejak 2014 di lahan seluas 2.000 meter miliknya. Selain mengembangkan kale menjadi bubuk powder, Hardi begitu panggilan akrab lulusan teknki mesin Universitas Brawijaya ini, juga membuat menjadi Chips dan Smoothies.

Bubuk powder ini bisa berwujud menjadi berbagai olahan, seperti bubur, atau sekedar ditaburkan di makanan. Selain itu, kale bisa dikonsumsi dalam bentuk jus, dikukus, dibuat sup, atau dikonsumsi mentah.

Awalnya Hardi ini hanya menanam 50 benih kale. Sekarang ia telah menanam sampai 20.000 benih. Sayuran organik yang ditanam semuanya sudah bersertifikat. Pemasarannya, selain di Malang Raya, kini mencapai Surabaya, Bali dan Jakarta

“Sayuran Kale di sini murni organik. Jadi dapat langsung di konsumsi, chips kale pasarnya 80 persen di Surabaya dan untuk olahan lainnya sudah masuk Pasar Jakarta, Bali, dan negara tetangga juga,” tuturnya.

Harapan Hardi cukup sederhana, karena pertanian adalah tulang punggung bangsa Indonesia,  maka petani adalah penyangga tatanan hidup negara Indonesia. “Ini menjadi motivasi untuk saya bahwa pertanian ngak boleh punah dengan teknologi,” ujarnya.

Untuk itu, ia juga berharap anak anak muda mengambil peran mengisi seluruh sektor, baik logistik pertanian, saprodi, budidaya, market place. Dengan demikian, wajah pertanian Indonesia menjadi lebih milenial.

“Saya dari Kota Batu mengajak teman-Teman muda ayo bertani, ayo bangga menjadi petani supaya kita nanti tetap bisa mewariskan pangan sehat bagi anak dan cucu kita,” katanya.

Bagaimana membuat chips Kale? Cuci bersih daun kale, lalu tiriskan. Selama proses mengeringkan daun, panaskan oven dengan suhu 200°C. Robek daun ukuran bebas agar mudah dimakan.  Siapkan wadah tahan panas, alasi kertas baking (tidak pakai juga bisa). Panggang selama 20 menit. Keluarkan dari oven, dinginkan 2 menit, siap dinikmati. 

==

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

 

 

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018