Friday, 16 April 2021


Ngga Perlu Repot, Irma Siapkan Lele Siap Saji

09 Mar 2021, 21:32 WIBEditor : Yulianto

Lele siap goreng kreasi Irma | Sumber Foto:Echa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta--Lele merupakan salah satu jenis ikan yang sering diolah sebagai menu makanan. Salah satunya pecel lele. Bahkan pecel lele menjadi menu wajib yang selalu ada di setiap warung tenda. 

Salah satu olahan ikan lele paling mudah adalah dengan cara digoreng. Penyajiannya ikan lele goreng memang sering dipadukan dengan beberapa jenis sayuran agar menambah cita rasanya. 

Ikan lele yang digoreng mampu menghasilkan rasa enak serta gurih, walau hanya dibumbui dengan bumbu rempah yang cukup sederhana. Bahkan kenikmatan rasa ikan lele goreng banyak digemari semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. 

Adalah Irma Saniah, ibu rumah tangga yang beralamat di Jl. Timbul III No. 47 RT 8/4 Cipedak Jagakarsa Jakarta Selatan yang mencoba membuat pangan siap saji berbahan dasar lele yang sudah dibumbui dan tinggal digoreng saja.

Irma mengungkapkan, ide awal waktu itu dirinya dan suami mengikuti pelatihan untuk karyawan Indosat yang akan memasuki masa pensiun. Selama tiga hari di tahun 2017, dalam kegiatan diajarkan mengelola usaha. 

"Waktu itu diajarkan bagaimana mengelola keuangan, mengelola kesehatan jangan sampai stress," katanya pada Sinartani saat dihubungi via telepon beberapa waktu lalu.

Irma mengatakan, karena di rumah masih ada tanah yang kosong akhirnya suaminya punya ide untuk budidaya ikan lele. Bersama suaminya, Irma memulai usaha budidaya lele di tahun 2018.

Awalnya hanya menjual kiloan untuk konsumsi rumah tangga. Bahkan pernah ada pelanggannya dari pelaku usaha pecel lele, tapi akhirnya berhenti karena permintaannya cukup banyak sekitar 15 kilogram tiap tiga hari. "Akhirnya berhenti karena kami belum sanggup sebanyak itu,” katanya.

Dampak Covid

Irma mengungkapkan, ide membuat lele cepat saji saat memasuki masa pandemi Covid 19. "Semenjak pandemi saya buat lele siap saji, di kolam yang hanya seluas 1.5 x 4 meter saya bisa panen 10 kilogram. Itupun tergantung pesanan. Saat ini saya hanya ada dua kolam saja, dulu sih ada 7 kolam. Tapi sekarang kami bangun tanahnya untuk dijadikan kost kostan,” ujarnya.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, Irma mempunyai ide untuk memasarkan lele siap saji melalui group Whatapps. "Kadang juga ada sih yang tiba tiba pesan. Seperti, dari teman pengajian, teman yoga, teman sekolah anak anak dan komunitas herbalife,” ungkapnya.

Untuk bibitnya Irma mengaku membeli dari pemasok bibit lele, sehingga tinggal membesarkan saja. "Dulu saya pernah budidaya sendiri, tapi banyak telur yang gagal,” ucapnya.

Irma mengaku juga bertanam sayuran hidroponik. Namun kegiatan tersebut merupakan kerjaan anaknya untuk mengisi waktu luang. Namun kemudian terbesit ide bagi yang membeli lele siap saji 1 kotak dapat sayur hidroponik gratis.

"Sayur hidroponik itu ada selada, kangkung, caisin, dan pakcoy. Namun sejauh ini untuk sayuran hdroponik masih saya konsumsi pribadi.Tapi ketika panen banyak ada saja yang datang membeli,” katanya.

Irma melihat, sukses itu bisa dimana saja kerjanya yang terpenting jangan pernah putus asa, perbanyak sedekah dan bertawakal.

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018