Friday, 16 April 2021


Untung dari Membuat Tatakan Telur, Wiwi Buat 7 ribu Per Hari

08 Apr 2021, 16:37 WIBEditor : Ahmad Soim

Pembuatan tatakan telur | Sumber Foto:Suriady

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Sidrap -- Bisnis pembuatan tatakan telur"Egg Tray" sangat menjanjikan. Selain pasarnya jelas, bahan yang digunakan untuk membuat tatakan telur berasal dari karton dan kertas bekas yang notabene mudah didapat dan memiliki harga relatif murah.

Margin keuntungannya besar. Usaha pembuatan tatakan telur "Egg Tray" ini memerlukan bahan baku dalam jumlah besar.

Wiwi salah satu pengusaha tatakan telur  di Sidrap Sulsel memiliki usaha pabrik "UD 45" yang memproduksi tatakan telur sejak puluhan tahun yang lalu.

Usaha pabrik tatakan telur "UD 45" milik Wiwi beroperasi mulai pagi hingga sore hari.

"Ya usaha produksi tatakan telur kami mulai beroperasi jam 7.30 pagi hingga jam 17.00 sore dan kami mempekerjakan karyawan sebanyak 8 orang," kata Wiwi.

Selain itu, Wiwi mengatakan bahwa," bahan baku yang kami gunakan yakni karton dan kertas bekas yang harganya murah 3 ribu rupiah perkilo dan dimana bahan bakunya berasal dari Parepare, Pinrang, Tator, dan Sidrap serta bahan bakunya  diantarkan langsung ke tempat kami.

BACA JUGA:

Di sela-sela kesibukannya Wiwi juga mengakui bahwa  sebelum melakoni usaha pembuatan tatakan telur,  dirinya pernah usaha budidaya ayam ras petelur disekitar lokasi yang tidak jauh dari tempat yang ditempati usaha tatakan telur sekarang ini.

"Sejak tahun 2000 kami pernah beternak ayam ras tapi pada saat itu ayam kami terkena virus flu burung, tetapi pada saat itu kami berusaha bangkit dan membuat kami tidak berputus asa bahkan kami memilih beralih pekerjaan yang kami anggap menjanjikan yakni usaha produksi tatakan telur yang sampai sekarang ini kami tekuni," ungkap Wiwi.

Lebih lanjut, Wiwi mengatakan bahwa yang kami produksi perharinya sebanyak 7 ribu tatakan telur.

"Hasil dari tatakan telur yang kami produksi kami pasarkan ke beberapa daerah seperti Parepare, Pinrang, Tator, Sengkang dan Sidrap dengan harga tatakan telur 60 ribu perikat," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, tak lupa juga Wiwi menjelaskan secara singkat proses pembuatan tatakan telur.

"Proses pembuatan tatakan telur diawali dengan pengumpulan bahan baku, penimbangan karton dan kertas bekas, penghancuran kertas bekas, peleburan, dan yang terakhir pencetakan,"kata Wiwi.

--

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

Reporter : Suriady
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018