Monday, 06 December 2021


Ide Usaha, Kreasi Menu Unik dari Pisang

28 Jul 2021, 20:24 WIBEditor : Yulianto

Pisang Moala, kreasi bisnis Arya Saloka dan Ari Kriting | Sumber Foto:Instagram

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta---Pisang menjadi buah yang banyak disukai masyarakat. Bahkan hampir seluruh wilayah Indonesia pisang bisa tumbuh dengan baik. Ragam komoditas ini pun cukup banyak.

Jika biasanya pisang hanya digoreng dengan tepung terigu, kali ini Tabloid Sinar Tani mencoba mengulik dua olahan pisang goreng yang unik dengan topping maupun cara memasaknya yang kekinian banget. Ikuti yukss petualangan kuliner bersama Sinartani kali ini di wilayah Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Sahabat setia Sinartani kalian pasti tahu kan buah pisang? Pisang merupakan buah tropis yang menjadi favorit orang banyak. Selain rasanya yang manis, pisang juga kaya vitamin dan mineral, bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

Mengingat kandungan nutrisinya yang kaya. Buah pisang ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat pisang sudah tidak diragukan lagi, ini sebabnya pohon pisang menjadi salah satu tanaman yang menjadi primadona di Indonesia.

Hampir di setiap pelosok daerah, terdapat berbagai macam pisang. Bahkan disetiap kebun-kebun terdapat setidaknya ada satu pohon pisang. Buah yang satu ini memang multi guna, berbagai jenis makanan dapat menggunakan buah pisang sebagai bahan dasar ataupun pendampingnya.

Adapun manfaat dari buah pisang adalah pisang termasuk salah satu buah yang dapat menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah dan  meningkatkan kesehatan jantung. Saat ini banyak ragam olehan makanan yang menggunakan buah pisang. Diantaranya adalah pisang krispi, pisang penyet, dan pisang toping cokelat keju susu.

Pisang krispi adalah pisang yang digoreng dengan tepung terigu pada umumnya. Namun yang membedakannya dari pisang goreng lainnya adalah pilihan toping yang beraneka rasa, mulai coklat, keju, susu hingga yang paling populer adalah rasa matcha green tea.

Sementara pisang penyet adalah nama makanan yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Pisangnya digeprek jadi berbentuk pipih dan lumer ketika dimakan.

Untuk Pisang keju sering kita temukan hampir disetiap pedagang pinggir jalan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan khas. Pisang penyet sangat cocok disajikan ketika musim dingin, karena dapat menghangatkan badan kalau dimakan selagi masih hangat.

Pisang Moala

Olahan pisang  tak hanya kekinian, tapi juga sangat mudah di buat. Cocok untuk cemilan keluarga ataupun dijadikan usaha yang menjanjikan. Adalah, Sosok Arya Saloka. Aktor pemain sinetron Ikatan Cinta yang berperan sebagai Aldebaran itu ternyata bukan hanya jago akting saja melainkan juga piawai di bidang bisnis kuliner.

Arya Saloka baru-baru ini telah membuka bisnis kulinernya bersama Arie Kriting yang juga komedian. Tinggal sebagai tetangga rumah, tak heran jika keduanya memulai bisnis bersama.

Dilansir dari akun Instagram Moala. Pisgor diberanda terlihat Arya Saloka bersama Arie Kriting duduk bersebelahan di depan kedai kuliner barunya bernama "Moala Pisang Goreng".

Karena penasaran rasanya Sinta coba cicipi langsung ke warungnya yang berada di Jalan Durian Raya Nomor 4, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jakarta. Tapi jika malas antre atau ingin pesan dari rumah sangat bisa sekali, kamu tinggal memesannya melalui GrabFood (Moala Jagakarsa).

Ada cerita seru dibalik bisnis kuliner Arya Saloka dan Arie Kriting ini. Konon, sebelum membuka kuliner Moala Pisang Goreng, Arya Saloka bersama Arie Kriting sering makan pisang goreng yang dicocol dengan sambal. Memang cita rasa yang khas dari pisang Moala ini adalah dengan cocolan sambalnya.

Perpaduan pisang krispi ditambah dengan sambal sedikit mirip pisang epe khas Makasar, tapi ini diberikan sentuhan terigu agar membuatnya lebih krispi. Dilansir dari Instagram mereka.

Arie Kriting memiliki ide untuk memulai usaha kuliner yang menjajakan camilan kesukaan mereka. Namun, karena Arya Saloka disibukkan dengan kegiatan syuting sinetron Ikatan Cinta, mau tak mau Arie Kriting mencoba untuk merintis bisnisnya sendiri.

Moala Pisang Goreng merupakan camilan pisang goreng krispi yang dicocol dengan sambal. Kreasi camilan ini memberikan sensasi rasa yang unik dan patut dicoba.

Dalam sekali gigitan, kamu pasti akan merasakan manisnya pisang goreng dan pedas sambal yang berpadu jadi satu. Harga yang ditawarkan dalam 1 box beserta sambalnya mulai dari Rp 18.000-25.000.

Olahan Pisang Tanduk

Selain Pisang Moala, ada lagi olahan pisang yang terkenal di Jagakarsa, tepatnya di perempatan Jl. Raya Lenteng Agung ada salah satu warung pisang yang enak dan banyak juga pengunjungnya. Pisang yang dibuat bang Adi ini adalah jenis pisang tanduk yang diolah menjadi pisang krispi original.

Ada juga menu lainnya pisang tanduk toping green tea, dan pisang tanduk toping keju susu cokelat. Untuk Harga yang ditawarkan bervariatif mulai dari Rp. 10.000-25.000.

Menurut Bang Adi, dirinya sudah lama berjualan. “Alhamdulillah saya sudah lama jualan dan sekarang ada juga lewat aplikasi online, permintaannya cukup bagus pisang kekinian,” katanya.

Setiap hari, Adi menyiapkan 10 tandan pisang tanduk, buka jam 10.00 pagi dan pukul 19.00 wib juga sudah habis. Karena variatif itu banyak pilihan yang membuat anak jaman sekarang suka. Makan pisang dengan sajian berbeda,” katanya saat Sinta datangi ke warung pisangnya.

Kepada yang ingin membuka usaha, Adi mengingatkan peluang usaha kapan saja ada, tapi yang utama adalah mencari peluang dan mau mencoba. Apalagi dijaman pandemi Covid-19 ini. Selama kita mau usaha untuk anak istri dirumah pasti ada jalannya, coba buat seperti ini jual Inshaa Allah laku,” katanya.

Reporter : Echa
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018