Thursday, 23 September 2021


Nikmatnya Santap Bakso sambil Koplo-an di Manokwari

13 Sep 2021, 10:26 WIBEditor : Gesha

Bakso Rio terkenal di Manokwari | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Manokwari --- Koplo atau dangdut koplo sudah tidak asing diperdengarkan oleh masyarakat.  Tapi tidak demikian dengan masyarakat Papua.  Musik reggae, remix, ataupun musik-musik dengan beat cepat yang lebih sering diperdengarkan.  Hanya saja, salah satu warung bakso di Manokwari, Papua Barat berani tampil beda dengan menyajikan musik koplo yang diperdendangkan untuk menambah nikmat suasana santap bakso.

Warung Bakso Rio Putra Solo yang terletak di Jalan Gunung Saju Manokwari selalu memutar musik koplo dari pagi hari hingga warung ini tutup.  “Pengunjung seneng sama musiknya, sambil tunggu bakso diantar kadang mereka pukul-pukul meja ikuti irama musik,” sebut Wahyu, salah seorang penyaji bakso.

Bakso Rio namanya cukup tersohor di Manokwari.  Masyarakat trasmigrasi yang tinggal berpuluh-puluh kilometer dari Pusat Kota Manokwari rela “turun gunung” untuk menyantap semangkok bakso nan nikmat ini.  Menu yang ditawarkan cukup sederhana, hanya bakso isi daging dan juga bakso dan telur, adapun varian lain mie ayam biasa, mie ayam + bakso, dan mie ayam.

“Itu saja sudah syukur, nggak usah bikin bakso yang aneh-aneh yang penting tetap menjaga rasa dan kualitas dari bakso yang kami buat," ungkap Pakde Riyanto. Menguatkan pernyataan Pakde Riyanto, Pakde Witono menyebutkan bahwa dalam satu hari membutuhkan lima belas kilo daging sapi.. “Selalu habis!” sebutnya dengan penuh rasa syukur.

Sajian mie ayam pun juga selalu habis dirinya kerap menanyakan pada pelanggan tentang rasa mie ayam yang mereka sajikan, “Bumbunya, jahenya, ayamnya, terasa kah?”  Tidak pelit bumbu itu kunci nikmatnya santap bakso di Warung Bakso Rio Putra Solo.  

Sebelas tahun menjalani kuliner ini selalu disyukuri oleh Pakde Riyanto, Pakde Witono, Wahyu, Chandra, dan Bude Rubi.  Tim yang solid dan memberi pelayanan maksimal pada pelanggan.  Mereka pun kerap hafal dengan menu yang biasa dipesan oleh pelanggan.  Sariati salah seorang pelanggan menyebutkan, “Enak Makan di bakso Rio.  Rasanya nggak berubah, tetap sama.  Bude dan Pakde yang jualan juga sudah hafal pesanan saya," tuturnya.

Pelayanan prima, rasa yang terjaga, dan kualitas bakso yang tetap nikmat dari tahun ke tahun mulai dari sekedar tenda hingga kini menjadi sebuah warung ini lah keunggulan Bakso Rio Putra Solo.  Mendiang Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan beserta Ibu juga menjadi salah satu pelanggan tetap.  “Kalau Ibu Bupati sering makan di sini, kalau Bapak Bupati sesekali aja.  Setelah selesai makan, biasanya juga bungkus bawa pulang,” sebut Bude Rubi. 

Bakso yang digemari seluruh kalangan, makin nikmat jika disantap sambil berkopolo ria. Mau coba? Bagi yang berada di Manokwari dan sekitarnya, Bakso rio putra solo menjadi pilihan santapan di akhir pekan 

Reporter : Nsd
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018