Thursday, 23 September 2021


Kreativitas Mantan Security Hasilkan Kopi dan Bir Pala

14 Sep 2021, 21:27 WIBEditor : Gesha

Bogem dengan kreativitas olahan Pala | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Aceh Selatan -- Selama ini buah pala hanya digunakan sebagai penyedap masakan, ada juga yang diolah menjadi manisan, asinan dan sirup. Tapi di tangan Bogem, mantan security ini Pala diolah menjadi Kopi dan Bir! 

"Manfaat buah pala selain dapat melegakan tenggorokan, meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi insomnia, kembung dan masuk angin juga melancarkan peredaran darah," ungkap Ayuzar Saputra alias Bogem kepada tabloidsinartani.com ketika ditanya alasannya mengolah pala. 

Bogem mengaku, bahan baku pala sangat mudah didapat di Kota Tapaktuan yang merupakan ibukota Aceh Selatan. Petani hanya mengambil, bijinya sementara daging pala dibuang.

Dari segudang khasiat tersebut, Bogem lantas mencoba berinovasi dengan membuat minuman kopi pala dan bir pala. "Kupi pala saya racik dari pala, kopi dan madu, sedangkan bir (Berpala) dari pala dan madu," jelasnya. 

Pria berasal dari Meukek kelahiran 1981 yang akrab disapa Bogem sebelumnya bekerja sebagai salah satu security bank di Tapaktuan. Pada awal tahun 2020 kontraknya sebagai security tidak lagi diperpanjang.

"Saya bersama Istri, Heri Yantri membuka usaha Cafe Reborn Kupi di rumah, karena kalau harus menyewa toko tidak ekonomis," kilahnya. 

Tahun ini kopi dan bir pala merupakan minuman favorit di Reborn Kupi. Apalagi di masa pandemi banyak yang menggemari karena sudah merasakan khasiatnya."Ada juga konsumen dari luar daerah yang sengaja datang hanya untuk merasakan minuman favorit di cafe," tambahnya.

Bogem menjelaskan, untuk memenuhi permintaan masyarakat dari luar daerah, Reborn Kopi kini mulai memproduksi dalam kemasan berukuran 250 ml. "Minuman ini dapat disimpan dalam kulkas selama 3 - 6 bulan. Harga kopi pala dibandrol Rp 25.000 sedangkan bir pala hanya Rp. 20.000 per botol," bebernya.

Setiap minggu Bogem membutuhkan 200 - 300 kg daging pala, setelah diolah menghasilkan 250 botol bir pala. Semuanya diperoleh langsung dari di Tapaktuan dan Meukek. 

"Usaha cafe rumahan ini menyediakan minuman khas, maka di botol kemasan saya cantumkan IG @rebornkupi dan nomor WA 081362675481 sehingga bisa dipesan untuk merasakan sensasi bir pala dan lebih dikenal masyarakat," ujarnya berpromosi.

Tak pelak, bagi setiap pengunjung yang datang saat promosi disuguhkan segelas kecil kopi pala dan bir pala untuk menikmatinya.

"Alhamdulillah ...kalau diminum dalam keadaan dingin rasanya lebih segar dan penuh sesasi," kata Dr Muhammad Yasar Direktur Poltas Aceh Selatan.

Muhammad Yasar menyebutkan, racikan pala dan madu banyak kasiat, baik dikonsumsi karena dapat meningkatkan imunitas tubuh. "Buah pala juga banyak mengandung vitamin C, dan sebagai anti radang," ujarnya.

Dengan adamya Reborn Cafe, daging pala menjadi opsi yang dapat diolah dan dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi."Kedua jenis minuman ini mempunyai cita rasa yang khas, kalau diminum dalam keadaan lelah, dapat menyegarkan tubuh," pungkas Yasar.

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018