Kamis, 18 April 2024


Berandai-andai miliki Toko Sayur Mayur, Sulaten Kini Miliki Toko Sayur Andai

30 Sep 2021, 04:51 WIBEditor : Gesha

Sulaten ketika di toko sayurnya | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Papua Barat -- Sempat berandai-andai menjadi pemilik toko saat berhijrah ke Negeri Jiran, kini Sulaten impian terwujud. Pria yang berasal dari Madura kini sukses menjadi pemilik “Toko Sayur Andai” di Manokwari, Papua Barat. 

"Di Malaysia, tiap blok atau desa ada ruko sayuran sendiri-sendiri. Saya pingin juga suatu saat punya ruko seperti itu,” kenang Sulaten ketika mengawali obrolan dengan tabloidsinartani.com.

Bermodalkan tekat yang kuat, Sulaten mengawali usaha sayur mayur dengan berdagang keliling. Sepedah motor menjadi sarana ia berdagang, agar mampu mejangkau pembeli diseputaran Manokwari. Kegigihannya berbuah manis. Sulaten memberanikan diri untuk menyewa Ruko di pusat keramaian Manokwari, yakni di daerah Wosi. Ditempat itulah Toko Sayur Andai beroperasi, mulai pagi hingga malam hari.

Pandemi yang melanda, malah membuat Toko Sayur Andai ramai pengunjung. Merry, salah seorang pelanggan setia menyebutkan, “Sekarang saya jarang ke pasar. Lebih sering belanja disini. Lengkap semuanya, " tuturnya. 

Sesuai namanya, Sulaten memang telaten menyambangi petani untuk membantu mengumpulkan dan memasarkan sayur mayur yang telah panen untuk dijual di tokonya. 

Sebagian besar pemasoknya berasal dari salah satu daerah yang nama Andai. Dari sanalah dijadikan nama “Toko Sayur Andai”. Para petani di Andai berasal dari berbagai wilayah, ada masyarakat lokal maupun pendatang. Namun demikian, mereka sama-sama bahu membahu bercocok tanam demi menopang kebutuhan masyarakat di Manokwari dan sekitarnya. 

Reporter : Nsd
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018