Thursday, 30 June 2022


Sambut Bulan Pancasila, Pemprov Jawa Tengah Gelar Bazar Tarubudaya

20 Jun 2022, 09:46 WIBEditor : Herman

Peserta Dari SMKN H.Munadi mengikuti Bazar Tarubudaya | Sumber Foto:Djoko W

TABLOIDISNARTANI.COM, Ungaran --- Sambut bulan Pancasila, pemerintah provinsi Jawa tengah menggelar bazaar di komplek Tarubudaya. Bazar satu hari yang digelar pada Jumat, 17 Juni 2022 ini diikuti 56 peserta yang hadir dari berbagai kalangan.

Bazar Tarubudaya yang  digelar dihalaman kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan sampai halaman kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah ini diikuti peserta dari UMKM, Kelompok Wanita Tani, siswa–siswi SMK, dan instansi pemerintah.

Ada Djoko Sutanto salah satu peserta yang menghadirkan gethuk dari umbi porang mendapatkan tempat di tenda paling depan pada bazaar kali ini. Pria yang datang dari Anggrasmanis,  di lereng Gunung Lawu ini menyulap umbi porang menjadi panganan gethuk yang gurih dan nikmat.

Sementara itu stand Dishanpan Jateng membantu UMKM binaannya menjual produk-produk pangan, seperti sayuran segar, cabai, beras, minyak goreng. Semuanya dikemas rapi agar sesuai dengan pedoman keamanan pangan.

Untuk beras, kacang-kacangan yang dikemas semuanya telah mendapat ijin regrestrasi dari pemerintah. Menurut petugas yang berjaga, kegiatan bazar dimanfaatkan juga oleh Dishanpan sebagai sarana edukasi dan sosialisasi pangan B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman).

Dari Perhutani Wilayah..menampilkan UMKM binaan Kopi Sepakung Mbah Bejo dari lereng gunung Telomoyo. UMKM yang di tangani anak-anak muda setempat, mengelola kopi, sejak dari hilir, membudidayakan tanaman kopi dilahan Perhutani, sampai hulu, mengolah kopi siap saji.

Tak kalah semangatnya, siswa-siswi SMKN H.Munadi jurusan Pengolahan Pangan juga memamerkan hasil olahan berupa aneka keripik. Keripik kacang, keripik bayam, keripik talas juga produk sayuran segar hasil praktek jurusan budidaya tanaman.

Disekolah yang dahulu bernama SPMAD Jateng ini sudah mempunyai peralatan lengkap untuk pengolahan pangan. Mereka juga sudah mengemas rapi dan memberi logo SMKN H.Munadi pada produk-produk yang dipasarkan.

Dari pantauan Tabloid Sinar Tani, pengunjung bazaar Tarubudaya membludak memenuhi areal bazar yang memang tidak luas. Dalam laporannya Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Supriyanto, SP,MP mengatakan, bahwa bila diijinkan bazar semacam ini akan diselenggarakan setiap bulan dan menempati lapangan Tarubudaya. Mengingat animo peserta dan pengunjung yang semakin besar.

Dihadapan Sekda Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, Deputi Bank Indonesia Jawa Tengah, Firdaus, serta kepala-kepala Dinas Lingkup Pertanian dan Dinas Pendidikan yang ada di Tarubudaya, Supriyanto melaporkan juga bahwa bazar Tarubudaya tersebut di selenggarakan bersama oleh 6 instansi yang ada di komplek Tarubudaya, dan didukung oleh Bank BRI dan Bank Jateng.

Sedang tujuan diselenggrakan bazar ini adalah untuk memfasilitasi masyarakat sekitar agar bisa membeli barang kebutuhan pangan dengan harga terjangkau, Pemenuhan kebutuhan pangan yang berkualitas bagi masyarakat, Sebagai upaya pengendalian inflasi, dan Meningkatkan nilai tambah produk pertanian, perkebunan dan peternakan.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, yang hadir mewakili Gubernur Jawa Tengah. memberi pengarahan bahwa sangat tepat apabila memperingati bulan Pancasila dengan bazar pangan.

“Karena dalam Pancasila tersirat pesan kuat untuk mewujudkan Kedaulatan Pangan. Bazar semacam ini juga bisa dipakai sebagai sarana mengendalikan harga pangan. Karena kalau kita bicara tentang harga pangan adalah bicara tentang keterjangkauan bagi masyarakat.,’ ujarnya.

Sekda Sumarno juga langsung mengijinkan penyelenggaraan bazar setiap bulan dan menempati lapangan Tarubudaya. diharapkan olehnya bazar kedepan bisa menggandeng UMKM lebih banyak lagi.

 

Bazar tarubudaya dibuka secara resmi dibuka oleh Sekda Jawa Tengah, Sumarno dengan memukul kentongan kecil sebagai simbolisnya. 

Reporter : Djoko W
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018