Monday, 08 August 2022


Wedhang Uwuh Andalan Ayu Dengan Beragam Khasiat

12 Jul 2022, 14:57 WIBEditor : Herman

Wedhang Uwuh Buatan Ayu | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.COM Batu Malang --- Wedhang Uwuh yang memiliki beragam khasiat untuk tubuh menjadi salah satu minuman yang banyak diminati masyarakat. Karena itu tidak heran bila saat ini pelaku usaha wedhang uwuh bermunculan, salah satunya Ayu yang menawarkan wedhang uwuh siap seduh.  

Wedang Uwuh sebagai minuman tradisional memiliki khasiat yang tidak diragunkan. Bila dilihat dari namanya, wedhang uwuh yang memiliki arti minuman sampah memang sekilas minuman ini terdiri dari berbagai macam rempah baik dedaunan maupun rempah lainnya yang terlihat seperti sampah.  

Namun jangan salah, minuman yang satu ini selain bisa menghangatkan tubuh juga memiliki beragam khasiat mulai dari meringankan batuk, menyembuhkan pegel linu, masuk angin dan perut kembung, menyegarkan badan, menjaga daya tahan tubuh serta melegakan tenggorokan. 

Semakin digemarinya minuman tradisional yang satu ini ternyata memikat minat Ayu untuk membuat produk wedhang uwuh. Wedhang uwuh menjadi produk pengembangan dari usaha Ibu rumah tangga asal Batu Malang, Jawa Timur ini.

 

“Awalnya merintis usaha bumbu dapur sejak awal 2017. Semua orang membutuhkan bumbu jadi usaha ini berawal dari banyaknya kebutuhan orang akan bumbu, ada kunyit bubuk, merica bubuk, merica hitam bubuk, dan lainnya,” ujarnya. 

Wedhang uwuh instan yang diproduksi Ayu terdiri dari beberapa jenis rempah yang banyak dijumpai di masayrakat. Seperti batang kayu manis kecil, batang serai, buah cengkeh, kayu secang, jahe, kapulaga, dan gula batu. Semua bahan rempah tersebut dikemas menjadi satu paket tinggal seduh. Harga satu bungkus Rp 9 ribu, dengan peasaran ke supermarket. 

Dalam membuat minuman wedhang uwuh, Ayu menjelaskan pertama yaitu bakar jahe lalu digeprek pipih dan masukan kedalam rebusan air yang telah mendidih sampai keluar sarinya. Setelah itu, masukan sisa bahan lainnya dan rebus hingga mendidih sekitar 15 menit dan warnanya berubah merah.   

“Jika sudah berwarna merah, segera angkat dan tuangkan ke dalam gelas, selanjutnya, wedang uwuh dapat disajikan dengan atau tanpa disaring,” Jelasnya. 

Reporter : Soleman
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018