Monday, 08 August 2022


Lewat Cokelat Karakter, Nadiva Belajar Berwirausaha

14 Jul 2022, 11:56 WIBEditor : Herman

Nadiva Produsen Cokelat Karakter | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.COM, Batu Malang --- Jiwa wirausaha Nadiva sepertinya sudah muncul sejak remaja. Melihat peluang besar pada produk cokelat, membuatnya memutuskan untuk terjun memproduksi aneka cokelat karakter sejak 2 tahun lalu.  

Ide gadis asal Batu Malang, Jawa Timur dalam membuat cokelat karakter dan menawarkanya kepada teman-tenabta nenvyat perlu diacungi jempol. Dengan menarkan produknya pada teman sebaya, membuat usaha yang dimulai sejak 2 tahun lalu ini langgeng dan bahkan terus berkembang.  

“Awalnya membuat hanya waktu bulan Puasa dan hari raya Idul Fitri saja, tapi karena responnya bagus rencana ke depan akan dibuat untuk anak-anak sekolah,”ucap Nadiva.

Dalam membuat cokelat karakter Nadiva menggunakan baku cokelat batangan yang banyak dijual di pasaran. Dalam membuatnya, Nadiva hanya perlu mencairkan/melelhkan cokelat batangan yang telah dipersiapkan. 

Setelah itu cokelat di cetak menggunakan cetakan berbagai bentuk sesuai keinginan dan kemudian dimasukkan ke dalam kulkas sebentar, lalu dikeluarkan setelah itu dibungkus menggunakan plastic.  

Nadiva menjelaskan, cokelat yang disimpan di kulkas terlalu lama sebenarnya tidak berbahaya ketika di konsumsi, tetapi resikonya bisa membuat tampilan cokelat menjadi kurang menarik karena akan menghasilkan embun.

 

“Untuk beberapa jenis cokelat tertentu, perlu disimpan dalam lemari pendingin atau freezer dengan menggunakan wadah yang kedap udara dan kering,” tambah Nadiva. 

Harga cokelat karakter yang dibuat nadiva bervariasi mulai dari Rp 12-40 ribu, dan untuk colekat yang dikemas dalam wadah toples besar dihargai Rp 100 ribu,  

 

“Pemasaran ada teman-teman yang mejualnya secara online, dan pesanan langsung dari teman-teman,”tuturnya.

Reporter : Soleman
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018