Monday, 08 August 2022


Berawal Dari Kursus, Kini Mulianah Punya Usaha Bakery

21 Jul 2022, 16:17 WIBEditor : Herman

Mulianah Pelaku Usaha Bakery | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.COM, Batu Malang --- Siapa sangka, kegiatan kursus yang diikuti Mulianah bisa mengantarnya menjadi seorang pengusaha. Dengan bekal ilmu membuat roti yang didapat, Mulianah bisa terus mengembangkan usaha roti yang dirintisnya sejak 2010 hingga sekarang.  

Sebagai pengganti nasi, roti memang bisa diandalkan. Karena itu tidak heran bila roti memiliki banyak peminat mulai dari anak-anak hingga orang tua. Pasar besar inilah yang menarik, Mulianah  memilih membangun usaha roti. 

Usaha roti bukan usaha pertama ibu rumah tangga asal Batu Malang ini. Sebelumnya, Mulianah menjalankan usaha aneka kue basah sebagai penopang ekonomi keluarga yang dimulai sejak 2005.

“Awalnya kita produksi kue basah satu jenis, terus dua jenis dan semakin banyak jenisnya, kemudian  tahun 2007 mulai mengikuti kursus cara pembuatan roti, baru tahun 2010 mulai produksi roti,” kenangnya.

 

Dalam memproduksi roti, Mulianah tidak menggunakan bahan kaleng-kaleng. Ia menggunakan bahan-bahan berkualitas seperti tepung, gula, telur, margarin, pengembang, dan coklat, strawberry, keju untuk isian.  

Prosesnya semua bahan roti dijadikan satu kemudian diaduk sampai kalis, setelah itu  ditimbang sama rata. Untuk isian tergantung jenisnya bisa cokelat, keju, strowbery atau lainnya. 

“Selanjutnya roti dimasukkan dalam tempat pengembangan kira-kira 30-60 menit, setelah itu  roti dibakar sampai matang didalam oven kira-kira 60 menit, setelah dingin dikemas,” tuturnya.

Mulianah mengungkapkan, bahwa produk bakerynya ramah di kantong pelanggan alias terjangkau. Yaitu mulai dari Rp 2.500 - Rp. 10.000, untuk donat harganya Rp 2.000 - Rp10.000 yang jenis bolen Rp 15.000 isi 8 biji.

“Untuk pemasaran melalui online, pesanan dan dijual langsung ke konsumen, rata-rata kapasitas produksi per hari 7-10 kilo tepung,” pungkasnya.

Reporter : Soleman
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018