Monday, 08 August 2022


Jaga Kualitas, Rahasia Suryani Sukses Berbisnis Pia Crispy

25 Jul 2022, 09:21 WIBEditor : Herman

Pia Crispy | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.COM, Batu Malang --- Kehandalan Suryani dalam membuat bakpia/pia tidak diragukan lagi. Berusaha sejak tahun 1995, pia kering/crispy menjadi andalannya dalam  membangun usaha bakpia ini.  

Sebagai camilan yang sudah memiliki nama, cira rasa bakpia/pia sudah dikenal luas masaryakat. Identik sebagai camilan oleh-oleh, pia memang sudah memiliki penggemar tersendiri sehingga tidak heran bila usaha pia yang dijalankan Suryani mampu bertahan dan teus berkembang hingga sekarang.  

Diceritakan Suryani, usaha pia dijalankannya sejak tahun 1995. Dengan mengandalkan kualitas dalam rasa, AE Pia Crispy sudah banyak dikenal dan bisa ditemua di banyak toko oleh-oleh di Kota batu Malang.  

“Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa pia kering isi kacang hijau. Dengan tetap mempertahkan kualitas, Pia Cripy bisa terus eksis hingga saat ini,” ungkapnya. 

Beberapa hal yang mempengaruhi kualitas Pia antara lain jenis bahan,  pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya.

 

Dalam membuat Pia crispy ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan, yang pertama adalah menyiapkan bahan baku seperti tepung. kacang hijau atau cokelat sebagai isi, gula, vanili, minyak dan mentega.   

Prosesnya, bahan tepung dengan bahan lain dicampur dan diaduk sampai kalis, selanjutnya ditambahkan mentega untuk bagian kulitnya. Untuk  bahan isiannya, rendam kacang hijau sekitar 30 menit lalu didihkan sampai agak merekah.

Bila sudah merekah, kacang hijau di blend hingga halus, kemudian dikukus dan ditambah gula halus serta diaduk secara merata agar tidak gosong.

Selanjutnya adonan dibagi menjadi bentuk bulatan, setelah itu langsung diisi dengan kacang hijau atau coklat yang sudah dipersiapkan. Setelah itu bagian atas diolesi kuning telur, lalu  lalu dibakar dalam oven sampai matang kira-kira 60 menit. Dan pia crispy siap untuk di kemas dalam kotak berisi 10 buah pia.   

“Produk AE pia Crispy saya jual dengan harga Rp 25 ribu/kotak dan dipasarkan secara offline dengan sistem titip jual ke toko-toko yang ada disekitar Batu, Malang,” tambahnya.

Reporter : Soleman
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018