Senin, 15 Juli 2024


Ditangan Roshina, Sari Temulawak Sekar Semakin Diminati Pasar

10 Des 2022, 05:34 WIBEditor : Herman

Roshina Hila Dini, Produsen Sari Temulawak Sekar | Sumber Foto:Soleman

TABLOIDSINARTANI.COM, Batu Malang --- Minuman tradisional temulawak yang kaya manfaat kini semakin memikat. Dengan kreasi Roshina Hila Din, minuman temulawak kini semakin praktis sehingga diminati semua kalangan.

Sebagai antioksidan atau untuk menangkal radikal bebas, sari temulawak adalah ekstrak temulawak yang sudah dikenal luas di masyarakat. Ditangan Roshina Hila Dini, mengkonsumsi sari temu lawak yang tadinya ribet karena harus menyeduh dengan air hangat kini bisa semakin praktis.

Diungkapkan tenaga pendidik di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Batu ini memulai memproduksi sari temulawak tahun 2016,

”Cerita awalnya ketika kuliah ingin tambahan uang jajan, saat itu terpikirkan untuk menjual dalam bentuk kemasan botol dijual di kampus-kampus sama teman-teman, untuk awalnya secara order dulu, kalau ada yang pesan baru dibuatkan dalam kemasan botol 600 dan 1500 ml, karena menggunakan botol air mineral,”kenangnya.

Roshina menuturkan idenya muncul setelah mengikuti salah satu kegiatan perekonomian kreatif, dan disarankan untuk membuat proposal, akhirnya berfikir dan berdiskusi bagaimana caranya bisa berhasil, setelah selesai dikirim walaupun tidak berhasil pada waktu itu, tapi kita bisa ikut acaranya.

“Setelah berkembang kita membuat label, kardus, untuk memperbaiki tampilan produk, kemasannya ketika itu langsung dibuat yang ukuran cup 120 ml. Awalnya kemasan kardus dengan isi 36 cup, mengambil dari saudara yang kebetulan mempunyai kardus sisa yang dijual waktu itu dijual harga kardusnya Rp.1.000.” jelasnya

Resep membuat sari temulawak didapat Roshina dari nenek tercinta yang memang berjualan temu lawak di sekitar alun-alun Kota Batu.

“Dulu kalau Mbah berjualan di daerah sekitar alun-alun Kota Batu, biasanya saat siang ada karyawan pabrik atau kuli angkut yang di pasar membeli temulawak, tiap Hari Raya Idul fitri bila ada tamu dibuatkan temulawak, jadi tamu pasti menanyakan mana temulawaknya,”tuturnya

Roshina menjelaskan, proses pembuatan minuman sari temulawak cukup dengan mempersiapkan bahan, setelah selesai direbus langsung dipres menggunakan alat, kemudian hasilnya dimasukkan ke dalam gelas cup plastic.

“Pada awalnya alat pres yang digunakan masih manual, sehingga pasti ada sisa plastik yang lebih jadi perlu dirapikan lagi bagian sisinya, sedangkan saat ini sudah menggunakan alat pres yang lebih baik dan bisa langsung sempurna hasilnya,”pungkasnya.

Reporter : Soleman
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018