Thursday, 24 September 2020


Kata PPL tentang Museum Tanah dan Pertanian Bogor

21 Oct 2019, 09:54 WIBEditor : Ahmad Soim

PPL di Museum Tanah dan Pertanian Bogor | Sumber Foto:Kontributor

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor - Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) mengunjungi Museum Tanah dan Pertanian yang terletak di Jl. H. Juanda No. 98, Bogor. Mereka banyak belajar di  Galeri Pertanian Masa Depan dan Lumbung Pangan Dunia 2045.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Penyuluhan Pertanian Joko Samiyono usai berkeliling museum ini mengatakan museum ini berisi tentang informasi komoditas pangan di Indonesia, Komoditas yang menggambarkan perkembangan pertanian Indonesia dari era kolonial (VOC dan Pemerintah Belanda) sejak tahun 1600 s/d 1945, menggambarkan pembangunan pertanian dari tahun 1600 s/d 2019.

Juga terdapat area coffee corner pengunjung bisa mencicipi produk kopi, teh dan kakao yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Museum ini juga memperlihatkan pengembangan pertanian 4.0 dengan menggunakan teknologi canggih yakni seperti drone, market smart farming, hingga “Autonomous Tractor” traktor tanpa awak yang menggunakan sistem GPS berbasis Real Time.

Museum ini hadir untuk menyebarkan informasi sejarah perjuangan dan perkembangan pertanian dan dapat memberikan semangat para penyuluh pertanian Milenial bahwa usaha pertanian sangat menguntungkan.

Museum pertanian akan membantu menjaga dan mengembangkan nilai-nilai budaya pertanian Indonesia serta dapat melestarikan dan memamerkan sejarah pertanian indonesia.

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018