Thursday, 24 September 2020


Diplomatik Tour ke Kampung Sagu Kanowe

01 Nov 2019, 17:48 WIBEditor : Ahmad Soim

Diplomatic Tour di Kampung Sagu Kanowe | Sumber Foto:Nugroho

 
TABLOIDSINARTANI. COM - Pemerintah Indonesia mengajak para diplomatik untuk tour ke Kampung Sagu di Kanowe,  Sulawesi Tenggara.  Perwakilan FAO untuk Indonesia dan Timor Leste Stephan Rudgard ikut dalam tour ini. 
 
Keindahan Sulawesi Tenggara menakjubkan, bambu menjadi sebuah alat musik yang dimainkan oleh Generasi Indonesia, termasuk yang disaksikan dalam diplomatik tour dalam rangkaian kegiatan Hari Pangan Sedunia ke-39 Tahun 2019 di Kendari (1/11).
 
 Sejumlah Eselon I Kementan,  bersama Bupati Konawe dan Perwakilan Duta Besar ikut dalam  Diplomatic Tour di Kampung Sagu, Desa Labela, Kec. Besulutu, Kab.Konawe, Jum'at (1/11).
 
Sagu merupakan salah satu pangan lokal yang menjadi bahan makanan pokok yang dikonsumsi sebagian besar masyarakat di Sultra. Produksi sagu saat ini mencapai 6.967 ton per tahun dengan luas areal 5.105 hektar, namun lahannya semakin menyusut. 
 
“Diperlukan upaya dan pengkajian yang sistematis dalam upaya peningkatan nilai tambah dari komoditas sagu melalui pengembangan model usaha agroindustri sagu yang berkelanjutan,” kata Gubernur Sultra Ali Mazi.
 
Di hadapan peserta dan tamu undangan, Ali Mazi mengungkapkan salah satu sentra produksi sagu di Sultra di Kota Kendari. Sagu Sultra tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi lokal masyarakat tetapi juga untuk memenuhi permintaan dari provinsi lain yang juga mulai meningkat.
Reporter : Som
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018