Thursday, 24 September 2020


Mengunjungi Perusahaan Pertamanan Hermann Rhote di Jerman

09 Feb 2020, 09:13 WIBEditor : Ahmad Soim

Perusahaan Pertananan di Jerman | Sumber Foto:Dok

Setiap tahun perusahaan ini melakukan perekrutan 5 – 10 lulusan SMK Pertanian untuk melakukan magang. Selanjutnya perusahaan akan mendaftarkan peserta magang ke sekolah kejuruan Berufschule.

TABLOIDSINARTANI.COM, Berlin - Perusahaan pertamanan Hermann Rhote  berdiri sejak 1926, dan sudah beberapa kali mengalami pergantian kepemilikan.  Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan di Berlin yang melakukan sistem Pendidikan Ganda atau Dual System. 

Dalam pertemuan ini hadir Prof. Michael H. Boehme-dosen Humboldt University Berlin, Mr.  Rothe, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Idha Widi Arsanti dan Kasubbid Kerjasama Pusdiktan.

Setiap tahun perusahaan ini melakukan perekrutan 5 – 10 lulusan SMK Pertanian untuk melakukan magang. Selanjutnya perusahaan akan mendaftarkan peserta magang ke sekolah kejuruan “Berufschule” khusus untuk pertanian yang didirikan oleh pemerintah Berlin di mana dalam satu minggu, peserta magang 3 hari belajar praktek di perusahaan dan 2 hari belajar teori pertanian di sekolah.  

Selama magang para peserta mendapatkan uang saku sesuai dengan standar minimum yang ditetapkan oleh pemerintah. Di perusahaan harus ada pengajar atau trainer yang sudah mendapatkan pendidikan tertentu, untuk bersama-sama melakukan kegiatan teknis dari pembibitan, produksi hingga penjualan, bimbingan dan juga pemeriksaan laporan yang dilakukan oleh peserta magang.  

Sekolah dengan sistem ganda ini berlangsung selama 3 tahun dan pada akhir tahun ketiga dilakukan ujian, teori di Bulan Januari dan praktek di Bulan April. Peserta dapat lulus dan mendapatkan ijazah kompetensi jika sudah menguasai 74 jenis tanaman yang diproduksi di perusahaan tersebut.  Selanjutnya lulusan dapat bekerja di perusahaan Hermann Rhote jika terdapat lowongan atau bekerja di perusahaan sejenis di seluruh Jerman.       

 

Reporter : Kontributor
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018