Wednesday, 14 April 2021


Yuk Berkunjung ke Kerajaan Gowa Bersama Mentan SYL

17 Mar 2021, 20:36 WIBEditor : Ahmad Soim

Mentan SYL berada di Peninggalan Kerajaan Gowa | Sumber Foto:SA

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Gowa - Di daerah berjuluk Butta Bersejarah ini  Menteri Pertanian (Mentan) RI bersama sejumlah pejabat di lingkungan Kementan RI mengunjungi pusat peninggalan Kerajaan Gowa di Museum Istana Balla Lompoa, Sungguminasa.

Syahrul Yasin Limpo, SYL sapaan akrabnya bersama rombongan diterima langsung pihak keluarga Kerajaan Gowa, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang. Saat menerima rombongan Andi Kumala Idjo juga memperkenalkan sejumlah benda-benda pusaka yang masih bertahan hingga kini di Balla Lompoa.

Mentan Syahrul bersama rombongan juga disambut sebagai tamu kehormatan Aru Tubarani, serta sejumlah tarian tradisional asal daerah setempat yakni Tarian Pa'raga dan Tarian Pepe-Pepe Bainea.

BACA JUGA:

Menurutnya, dirinya bersama Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sengaja mengajak pejabat Kementerian Pertanian berkunjung ke Balla Lompoa untuk memperkenalkan kebesaran Kerajaan Gowa yang hingga saat ini dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia atau di nusantara.

"Kita ingin perlihatkan seperti apa kebesaran Kabupaten Gowa sebagai daerah raja-raja, baik yang lalu saat sekarang dan masa akan datang. Terutama dari filosofi-filosofi Bugis-Makassar yang dikembangkan di kerajaan ini," katanya dalam sambutannya, Selasa (16/3/2021).

Turut hadir menerima Mentan RI dan jajarannya yakni Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa.

 

===

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/

 

Reporter : SA
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018