Senin, 15 Juli 2024


Menikmati Asri di Lereng Dempo

06 Mei 2021, 07:18 WIBEditor : Ahmad Soim

Kebun teh di lereng Dempo | Sumber Foto:Memed Gunawan

 

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Dalam kondisi persaingan industri teh yang semakin tajam dan serius, perkebunan teh di Gunung Dempo, menawarkan alternatif wisata yang memesona.

Terletak di Kabupaten Pagaralam, Sumatera Selatan, perkebunan teh yang satu ini termasuk yang sangat baik dan produktif. Perkebunan dalam pengelolaan PTPN VII, memiliki luas puluhan ribu hektar. Volume penjualannya mencapai ribuan ton per tahun, yang trendnya selalu meningkat dari tahun ke tahun.   Selain terkenal dengan kopi robusta, Pagaralam juga salah satu penghasil teh unggulan di Indonesia.

Kebun Teh Pagaralam berada pada ketinggian sekitar 1520 meter di atas permukaan laut. PTPN VII yang merupakan perusahaan BUMN  kegiatannya fokus pada agribisnis dan perkebunan. Selain teh, perusahaan BUMN ini juga mengelola perkebunan lain seperti tebu, karet, dan kelapa sawit.

BACA JUGA:

Gunung Dempo merupakan puncak tertinggi di wilayah Sumatera Selatan. Terletak di Kabupaten Pagaralam, yang berjarak sekitar 300 km dari pusat Kota Palembang. Dibutuhkan waktu sekitar 8 jam perjalanan darat untuk sampai ke lokasi ini. Jalan menuju ke perkebunan ini cukup menanjak dan berkelok-kelok sehingga kendaraan harus sering berganti gigi persneling. Sayangnya jalan ini tidak banyak dilalui kendaraan umum. Di dekat pintu masuk perkebunan tersedia beberapa vila yang bisa disewa dengan biaya murah, termasuk makan pagi sederhana. Pemandangan indah mengepung kita, sejak fajar sampai menjelang matahari terbenam. 

Suasana sejuk mendekati dingin menyelimuti sehingga diperlukan jaket ringan yang nyaman. Pagi yang dingin biasanya ditutupi kabut tebal yang akan mulai menghilang setelah matahari mulai tinggi dan udara mulai hangat.

Untuk menuju ke lokasi tertinggi kebun teh, bisa dengan menggunakan  kendaraan karena ada jalan beraspal yang cukup baik. Di sini tersedia dataran yang agak luas untuk tempat parkir, makan dan berfoto. Minum kopi atau teh dengan pisang goreng terasa betul nikmatnya setelah berjalan cukup jauh dan masuk ke rimbunan tanaman teh untuk berfoto. 

Jika akan terus menuju puncak gunung, sampai setengah perjalanan banyak ditemui sumber air jernih sehingga para pendaki tidak perlu khawatir kehabisan air minum selama perjalanan. Para pendaki yang ingin mencapai puncak Gunung Dempo memerlukan waktu empat atau lima jam perjalanan. Menurut para pendaki yang sudah ke puncak Dempo, perdakiannya tidak terlalu sulit. Kemiringan lereng sekitar 40° cukup stabil untuk didaki. Gunung Dempo (3159 m) masih berstatus gunung berapi.  Dataran paling tinggi di Provinsi Sumatera Selatan itu tak dapat disangkal memiliki keindahan alam yang begitu asri. Hamparan kebun teh, udara sejuk serta banyaknya air terjun membuat Kota Pagaralam menjadi salah satu tempat wisata favorit di Sumatera Selatan. 

Seperti biasa, di daerah yang sepi selalu ada cerita mistik. Seperti juga dikabarkan di Gunung Dempo ini ada Siluman Manusia Harimau.  Masyarakat sekitarnya sangat mempercayai walaupun belum seorang pun melihatnya. 

 === 

 

Sahabat Setia SINAR TANI bisa berlangganan Tabloid SINAR TANI dengan KLIK:  LANGGANAN TABLOID SINAR TANIAtau versi elektronik (e-paper Tabloid Sinar Tani) dengan klikmyedisi.com/sinartani/ 

 

 

Reporter : Memed Gunawan
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018