Friday, 18 June 2021


Pesona Paralayang dan GTX di Bukit Nyomot Subang

07 Jun 2021, 15:19 WIBEditor : Gesha

Mencoba keseimbangan di Bukit Nyomot | Sumber Foto:NATTASYA

TABLOIDSINARTANI.COM, Subang -- Berada di daerah perbukitan dan lahan sawit masyarakat, Bukit Nyomot di Kecamatan Serangpanjag, Kabupaten Subang ternyata memiliki pesona aerosport berupa paralayang dan gantole serta menjadi lokasi sirkuit GTX yang menantang.

"Bukit Nyomot banyak memiliki spot pemandangan yang bagus, dari sisi pegunungan dan lokasi yang sangat sejuk,” ungkap Bupati Subang, H. Ruhimat atau yang lebih akrab disapa Kang Jimat ketika ditemui tabloidsinartani.com, belum lama ini. 

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Subang bersama Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) bahkan sudah datang berkunjung ke Bukit Nyomot melakukan ujicoba venue Paralayang sebagai lokasi aerosport. Bahkan menjelang Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2022, Bukit Nyomot menjadi venue aerosport. "“Alhamdulillah, mereka sangat menyukai spot buncak bukit nyomot sebagai spot paralayang,” ungkapnya.

Kang Jimat juga menyebutkan Gubernur Ridwan Kamil sempat berkunjung ke Bukit Nyomot dan menyaksikan sendiri kontur tanahnya berbukit bukit sangat cocok dan direkomendasikan untuk menjadi pariwisata olahraga paralayang maupun gantole. "Selama ini memang hanya masyarakat lokal saja yang menggunakan Bukit Nyomot ini menjadi wisata paralayang, pakai alat sendiri tentunya," tambah Kang Jimat.

Selain menjadi lokasi aerosport, Bukit Nyomot Subang ini juga ternyata menjadi lokasi sirkuit GTX bahkan seringkali menjadi Arena Off Road Tingkat Nasional. Beberapa tim offroader yang sudah menjelajahi Bukit Nyomot pun mengakui bahwa Off Road di Bukit Nyomot sangat Extreme dan menantang. Sekalipun offroader profesional, pasti akan merasakan jatuh terguling di medan Bukit Nyomot. 

Kini, Bukit Nyomot yang mulai populer seperti Bukit Hambalang dan menjadi lokasi untuk menyalurkan rasa greget akan olahraga ekstrim. Akses jalan ke Bukit Nyomot pun semakin lebar semenjak dibuka akses jalan tembus lintasan kelas jalan provinsi dan menghubungkan Kecamatan Sagalaherang-Cipendeuy. Tak jauh dari pintu keluar jalan baru itu, kendaraan bisa masuk tol Cipali melalui gerbang tol Kalijati.

 

Reporter : NATTASYA
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018