Sunday, 24 October 2021


Restoran Karibia Aceh, Sajikan Sayuran Hidroponik Sehat

09 Aug 2021, 11:07 WIBEditor : Gesha

Restoran Karibia di Banda Aceh | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Banda Aceh --- Banda Aceh dikelilingi wisata laut yang penuh pesona. Para wisatawan sesaat sebelum mendarat di Bandara Sulthan Iskandar Muda (SIM) dari sudut jendela pesawat melihat lautan luas dan kota Banda Aceh serta Pulau Weh-nya.

Banda Aceh merupakan kota yang sering dikunjungi sebagai destinasi wisata. "Jadi kehadiran Karibia Seafood sebagai pilihan saja, hanya ingin bersanding melengkapi restoran yang sudah ada sebelumnya agar lebih menarik," ungkap Elfian mantan Kepala Cabang Bank Syariah Mandiri, Banda Aceh mengawali ceritanya.

Perbedaan dengan restoran lainnya, Karibia Seafood selain menyajikan ikan ikan laut segar juga menyajikan sayuran sehat yang ditanam khusus secara hidroponik. Memasuki tahun keenam, Karibia Seafood terus berbenah dengan konsep edukasi melalui tanaman sayuran hidroponik di sekitar restoran.

Konsep tersebut dimulai Oktober tahun lalu dengan suasana baru penuh sensasi dan inovasi. "Pasalnya, saat Covid-19 kita tak boleh berdiam diri perlu mengambil hikmah untuk terus berbenah," ungkapnya. Menurut alumni Fakultas Teknologi Pertanian jurusan Mekanisasi IPB Bogor tahun 1985, nama restoran seafood Karibia sedikit unik karena diambil dari nama selat di Afrika.

Restoran Seafood Karibia juga menyediakan beberapa lokasi spot foto, dengan background sayuran hidroponik dan juga di dalam restoran ditampilkan lukisan dinding menggambarkan back ground nama Karibia, dengan selat dan kepulauan Karibia lengkap serta mercuasuar bersejarah bernama William Tower yang dibangun oleh Belanda di tiga lokasi, yaitu selat Karibia, Belanda dan pulau Aceh tahun 1886. Selain itu juga  menampilkan menu utama ikan kerapu, kepiting, lobster dan sayuran hidroponik.

Resto ini mulai buka jam 11.00 hingga pukul 22.00 wib dan tetap menerapkan protkes. Menu yang disajikan ada kerapu, rambheu, udang, lobster dan kepiting serta berbagai jenis ikan laut bebas formalin. Selain itu tersedia juga aneka jus dan kopi arabika dengan berbagai rasa. "Paket umum dimulai Rp 65.000 - 90.000. Kalau bulan puasa beda lagi harganya lebih murah dan meriah. Sebelumnya pengunjung yang datang dari berbagai kalangan. Namun saat Covid-19 hanya kalangan keluarga dan kelompok arisan saja," tuturnya.

Edukasi Hidroponik

Selain seafood yang menggoyang lidah, uniknya restoran ini juga terletak pada rak-rak sayuran Hidroponik yang memanjakan setiap mata pengunjung yang melirik. Dalam rak hidroponik terdapat berbagai jenis sayuran sehat seperti pakchoy, kailan dan selada.

"Selama ini kebutuhan sayur kailan masih di pasok dari Medan Sumatera Utara. Kenapa tidak kita budidayakan sendiri, sementara kita bisa," lirihnya. Sayuran yang paling banyak diminati kailan, kangkung, sawi dan pakchoy. Khusus untuk Pakchoy dibuat minuman segar dan menyehatkan, termasuk jus sawi dan Nanas spesial pun tersedia. 

Jenis sayuran kailan peluang pasarnya besar karena mengandung gizinya yang tinggi. "Bahkan pengunjung yang datang dan ingin membeli kailan mentah kami akan melayani," paparnya bersemangat. Dengan adanya hidroponik pengunjung bisa belajar teknis budidaya sayuran hidroponik, membeli sayur serta makan minum dari produk yang dihasilkan.

Kedepan di restoran ini akan menyediakan ikan kerapu hidup. Pihaknya juga menerima dan membuka diri jika para milenial yang ingin bersinergi di resto-nya. Baik terhadap pemeliharaan ikan/udang sistem bioflok maupun yang ingin magang hidroponik. Para milenial bisa saja bekerjasama dengan UMKM, dan dirinya siap menampung produksinya.

Bicara masalah hidroponik, Elfian mengaku perlu diagendakan secara khusus. Misalnya saja kebutuhan sayur kangkung dan kailan di resto nya membutuhkan 5 kg/hari. Idealnya satu kilogram 10 tanaman (lubang) masa panen 45 hari. Maka dalam sehari butuh 2250 kailan. Dirinya juga siap menampung dengan Rp 35.000/kg, dari skala ekonomi memiliki prospek yang menjanjikan.

 

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018