Monday, 08 August 2022


Dinas KPKP DKI Jakarta Promosikan Agro Eduwisata kepada Finalis Putri Bumi Indonesia

11 Dec 2021, 13:57 WIBEditor : Gesha

Putri Bumi 2021 | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta --- Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta mempromosikan Agro Edu Wisata kepada para finalis pemilihan Putri Bumi Indonesia 2021 pada Kamis (9/12) secara virtual.

“Agro Edu Wisata adalah bentuk kegiatan pariwisata yang memanfaatkan usaha agro (agribisnis) sebagai obyek wisata dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, pengalaman, rekreasi dan hubungan usaha di bidang pertanian,” kata Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati.

Tujuan pengembangan Agro Edu Wisata di Jakarta antara lain meningkatkan nilai tambah usaha pertanian, membangun model percontohan pertanian modern, terpadu, dan ramah lingkungan, meningkatkan kualitas lingkungan di perkotaan, menciptakan lapangan kerja dan perekonomian masyarakat.

Bagi anak-anak dan keluarga, Agro Edu Wisata dapat sebagai sarana edukasi tentang pertanian, memberikan alternatif tempat wisata masyarakat perkotaan yang ramah lingkungan, sebagai tempat pelestarian tanaman, teknologi, dan kearifan local, serta sebagai saran promosi dan pemasaran produk JakPreneur.

“Strategi pengembangan Agro Edu Wisata meliputi revitalisasi, kolaborasi, publikasi, inovasi, dan digitalisasi. Revitalisasi lebih kepada meningkatkan sarana prasarana dan fungsi lokasi agar memenuhi standar, kolaborasi dengan berbagai pihak untuk pembiayaan, pengelolaan, dan pemanfaatan, publikasi melalui media sosial, cetak, dan elektronik. Inovasi dan digitalisasi terkait dengan teknologi, manajemen, penataan Kawasan, pelayanan pengunjung dan sebagainya,” katanya.

DKI Jakarta sendiri memiliki sejumlah lokasi kini telah dikembangkan sebagai Agro Edu Wisata (AEW), seperti AEW Ragunan, AEW Ciganjur, AEW Cibubur, AEW Kamal Muara, dan AEW Cilangkap.

Selain itu juga terdapat 14 kebun bibit yang sangat menarik sebagai sarana edukasi seperti Kebun Bibit Lebak Bulus, Kebun Bibit Ujung Menteng, Kebun Bibit Ragunan, Kebun Bibit Cibubur, Kebun Bibit Kelapa Dua Wetan, Cagar Buah Condet, Taman Anggrek Ragunan, BPP Sukapura, BPP Kembangan, dan Laboratorium Agens Hayati. .

Untuk diketahui, Putri Bumi Indonesia 2021 adalah sebuah kontes kecantikan dan bakat berbasis lingkungan yang diselenggarakan Yayasan EL JOHN Indonesia. Para peserta berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, sehingga Agro Edu Wisata di Jakarta dapat dikenal luas ke seluruh Indonesia.

Reporter : Indri
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018