Monday, 08 August 2022


Belajar Pertanian Modern di Puspita Farm

10 Jan 2022, 15:29 WIBEditor : Gesha

Menteri Pertanian ketika berkunjung ke Puspita Farm | Sumber Foto:ISTIMEWA

TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor --- Pertanian modern seperti vertical farming dan smart greenhouse kian menarik di mata milenial. Namun seringkali mereka kesulitan untuk belajar praktik. Nah, kini hadir Puspita Farm sebagai sarana belajar pertanian modern bagi milenial. 

Tren urban farming menimbulkan fenomena baru. Sejumlah anak muda baik yang tergabung dalam komunitas maupun perorangan kini mulai senang bercocok tanam. Begitupula penerapan smart farming dalam bentuk smart greenhouse juga sudah banyak dilakukan milenial.

Pertanian presisi dan modern tersebut bukan hanya untuk kemandirian pangan namun mengarah pada bisnis. Sudah banyak kaum milenial memilih bidang pertanian sebagai peluang usaha baru. Bagaimana tidak, dari pertanian bisa dihasilkan tanaman berkualitas dengan harga tinggi, pemanfaatan alat pertanian, dan produktivitas pertanian tinggi dengan biaya operasional relatif rendah.

Bagi milenial yang ingin belajar pertanian modern ini, Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) membuka kesempatan praktik sekaligus latihan di sarana terbaru bernama Puspita Farm 1 dan Puspita Farm 2. Puspita Farm 1 menerapkan konsep Indoor Vertical Farming menanam sayuran seperti pakcoy, selada dan endive. Sedangkan Puspita Farm 2 menerapkan konsep Smart Green House menanam tanaman golden melon.

Tertarik untuk belajar langsung Pertanian Presisi Modern ini? BBSDLP membuka pelayanan kunjungan dan studi banding di Puspita Farm 1 dan 2 ini. Kunjungan bisa berasal dari himpunan mahasiswa, himpunan profesi, kelompok tani, maupun kelompok lainnya.

Dengan kondisi pandemi, kunjungan maupun studi banding tengah dibatasi dan harus menunggu antrian. “Karena indoor vertical farming dan smart greenhouse ini adalah lingkungan pertanian yang terkendali, maka tidak boleh sembarangan orang yang datang berkunjung. Harus mematuhi peraturan dan didampingi petugas, setelah mendapatkan izin kunjungan,” kata Penanggung Jawab Puspita Farm, BBSDLP, Setiari Marwanto.

Peraturan tersebut antara lain, wajib membersihkan tangan dengan hand sanitizer sesaat sebelum masuk Puspita Farm 1 dan 2. Kemudian, menyimpan barang bawaan termasuk alas kaki di tempat yang telah disediakan. Pengunjung juga diwajibkan memakai masker dan baju proteksi serta alas kaki yang telah disediakan. Pengunjung juga tidak diperkenankan mengobrol, makan, dan minum di dalam fasilitas indoor vertical farming dan smart greenhouse. Kapasitas pengunjung pun dibatasi 4 orang dengan 1 petugas dalam satu ruangan.

Jika tertarik untuk mengunjungi, bisa mengajukan izin melalui email ke sekretariatbbsdlp@yahoo.com maupun bbsdlp@litbang.pertanian.go.id.

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018