Monday, 23 May 2022


Bangkitkan Potensi Wisata Labusel Untuk Kesejahteraan

28 Apr 2022, 15:56 WIBEditor : Herman

Istana Pinang Labuhanbatu Selatan | Sumber Foto:Gultom

TABLOIDSINARTANI.COM, Labuhanbatu Selatan --- Sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Labuhanbatu Selatan, H Edimin dan Fadly Tanjung, bahwa potensi sumber daya alam yang besar apabila dimanfaatkan secara optimal akan banyak memberikan dampak pada peningkatan kesejateraan masyarakat.

Karena itu, Pemerintahan Kabupaten Labusel melakukan berbagai terobosan untuk menggali potensi yang ada. Diantaranya penataan ruang, mengusulkan perubahan status kawasan, pemanfaatan lahan tidur, memberikan kemudahan investasi dan pemberdayaan masyarakat untuk melakukan intensifikasi dan ekstenfikasi dalam pemanfaatan lahan yang dimiliki.

Bukan hanya itu, agar pembangunan daerah sesuai dengan budaya luhur daerah. maka perlu penggalian pelestarian dan pengembangan nilai budaya daerah melalui pemberdayaan budaya adat masyarakat Labuhanbatu Selatan yang majemuk, melalui forum komunikasi budaya adat.

Selain itu potensi Agroeduwisata, Agrowisata dan lainnya dapat terwujud dengan melakukan sinergi kolaborasi antar dinas terkait serta stekholder yang ada atau dengan perguruan tinggi yang mumpuni sesuai dengan keahlian spesialisasi Fakultas yang linier dari program membangun membangkitkan potensi sumberdaya alam.

Berbagai potensi alam dan sumber daya lainnya yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan seperti Kecamatan Silangkitang berupa Wisata Pemandian Alam Pandanuungan, Kecamatan Sungai Kanan berupa Wisata pemandian alam bebatuan, air terjun, dan wisata pemandian Biatan

Untuk Kecamatan Kota Pinang potensi yang ada berupa Kerajaan Sultan Bahrain 1630–1946, Terowongan dari kerajaan sebagai jalan para raja ke Si Sumut, Mesjid Raya Kota Pinang, Pemandian Alam Padir Tuntung, Wisata Air Sawah dan Sungai Ulumahuam. Ikan Sombob Kholat  yang merupakan kuliner khas Tapanuli Selatan dan yang tidak kalah uniknya adalah Pelabuhan Air Sungai Barumun.

Dari Kecamatan Torgamba berupa cagar alam Hutan Lindung,Wisata Sekolah Gajah, Danau Pagaran, Kuliner Malam serta banyaknya Perkebunan Pabrik Sawit yang memiliki porensi menjanjikan.  Dan dari Kecamatan Kampung Rakyat, Wisata Religi berupa pondok Pesantren Parsulukan, Lapangan Golf PT. Tolan I dan II, serta Pemandian Danau Sisalak.

Dengan banyak ragam potensi yang dimiliki Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Staf BAPEDA Jhon yang didampingi Kabag Keuangan yang pernah bertugas diParawisata Kabupaten Labusel  Anita, meyampaikan bahwa pada tahun 2018 telah dilakukan kerjasama dengan ITB/IPB untuk kajian rancangan akademis pembangunan potensi parawisata. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD yang juga ketua KTNA Labusel, Syahdian Purba SH yang didampingi tokoh master taniin pusat, Imanuel Hutavea, mengatakan  kiranya pemerintahan saat ini dapat melanjutkan program yang telah ada, rancangan untuk membanguna Labuhanbatu Selatan lebih baik kedepannya.

Reporter : Gultom
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018