Monday, 23 May 2022


Ramai Tiap Liburan, Ini Sejarah Kebun Teh Puncak

11 May 2022, 10:41 WIBEditor : Gesha

Wisata Kebun Teh Gunung Mas | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta -- Agrowisata kebun teh di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap liburan. Sebenarnya, ada jejak sejarah yang menarik di kawasan wisata ini. 

Agrowisata Kebun Teh Gunung Mas adalah nama sebenarnya dari kawasan Kebun Teh di kawasan Puncak ini. Perkebunan Teh Gunung Mas Puncak  merupakan salah satu perkebunan teh terluas di Jawa Barat. Perkebunan Teh ini berdiri pada tahun 1910, dan merupakan salah satu unit usaha PT. Perkebunan Nusantara VIII, hasil penggabungan perkebunan Gunung Mas dan Cikopo sejak tahun 1972.

Pada tahun 1910, perkebunan Gunung Mas dibuka maskapai Perancis dengan nama Gonoeng Mas Prancoise Nederlandise de Culture etde Commerce. Selanjutnya, pada tahun 1912 berdiri perusahaan Jerman yang bernama NV Culture My Tjikopo Zuid.

Kemudian pada tahun 1949 karena Jerman kalah dalam perang dunia II, perusahaan ini diminta oleh pemerintah Belanda dan dikelola pusat perkebunan negara yang dulu disebut dengan GLB. Selanjutnya, pada tahun 1954 berganti pengelola perusahaan Belanda dengan nama “NV Tedeman Van Kerchem (TVK) yang berkantor pusat di bandung.

Baru pada tahun 1958 diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia yang kemudian dinasiolisasi ke dalam PPN Baru Kesatuan Jabar II. Ketika diadakan reorganisasi pada tahun 1963 lokasi ini dimasukan dalam PPN Antan VII dan kemudian pada tahun 1971 masuk PNP XII. Pada tahun yang sama, status PNP XII berubah lagi menjadi PT Perkebunan XII (persero).

Pada tanggal 11 Maret 1996 PT Perkebunan XII berubah nama lagi menjadi PT. Perkebunan Nusantara VII. Informasi yang dihimpun, sedikitnya terdapat 68 kebun aneka tanaman, termasuk teh yang dikelola pemerintah. Panjangnya sejarah keberadaan kebun teh di Puncak ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Di Perkebunan Gunung Mas memiliki 3 kepala afdeeling yang mengelola setiap afdeeling (bagian dari suatu daerah yang luas) perkebunan. Dari segi wilayah, Perkebunan Gunung Mas ini memiliki 3 perkebunan afdeeling dengan bloknya masing – masing, yaitu Afdeeling Gunung Mas I : wilayahnya berada di desa Tugu hingga Taman Safari. Afdeeling Gunung Mas II : wilayahnya berseberangan dengan Gunung Mas I, berbatasan dengan Perkebunan Ciliwung milik PT Astra, namun ada beberapa bagian yang mengambil wilayah Gunung Mas I yang berada dibelakang Tea Corner (dekat pintu masuk Gunung Mas). Dan Afdeeling Cikopo Selatan: wilayahnya dari Taman Safari sampai Desa Citeko. 

Di areal Kebun Teh Puncak ini juga terdapat makam-makam Belanda yang berusia ratusan tahun. Makam-makam tersebut dibangun rata-rata pada tahun 1800an. Namun sayang, sebagian besar malam tersebut tidak terawat. Bangunannya sudah banyak yang retak dan bongkah. Menurut warga sekitar Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, makam tersebut ada para pendiri Kebun teh Gunung Mas. 

Reporter : Nattasya
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018