Thursday, 18 August 2022


Nikmati Sensasi Petik Jambu Kristal dan Jeruk Manis di Pidie Jaya

25 Jul 2022, 14:20 WIBEditor : Gesha

Petik buah jambu | Sumber Foto:Istimewa

TABLOIDSINARTANI.COM, Pidie Jaya --- Tak semua orang bisa merasakan sensasi memetik dan makan langsung buah segar hasil kebun alami di kawasan Lhok Sandeng, Kecamatan Meurah Dua, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Banyak masyarakat belum mengetahui kalau di lokasi tersebut memiliki area perkebunan yang sangat luas. Tak pelak, banyak masyarakat Pijay memperbincangkan bahwa kawasan ini memiliki potensi dan prospektif menjadi ajang wisata perkebunan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. 

"Lokasinya bagus dan prospektif jika dikembangkan. Umumnya, perkebunan di lokasi ini memiliki berbagai jenis komoditi tanaman seperti serai wangi, kakao, sawit serta ada juga tanaman yang bisa dipetik langsung dari pohonnya yakni jeruk dan jambu kristal," ucap Saifullah dalam berita iNews TV.

Disebutkan, kebun seluas lima hektar lebih milik Razali, warga Geuteng, Kecamatan Meureudu ini di dalam nya terdapat ratusan batang pohon jeruk manis dan pohon jambu kristal yang siap untuk di panen.

Untuk menuju ke perkebunan jeruk dan jambu kristal ini katanya, kita harus melakukan perjalanan dari simpang empat, Kecamatan Meurah Dua melalui perkampungan Gampong Seunong dan Gampong Sarah Mane.

"Namun dari Pergampongan Sarah Mane kita harus berjalan lagi sekitar 15 menit untuk sampai Gampong Lhok Sandeng serta sekitar 30 menit lagi baru sampai ke kebun jeruk dan jambu tersebut," lirihnya.

Pun demikian, disepanjang perjalanan kita disuguhi panorama dan pemandangan yang sangat indah dari mulai puncak Gampong Seunong kita bisa melihat langsung perkotaan Meureudu. Tak hanya sampai disitu ketika melintasi perkebunan sawit milik PT Gotong Royong terdapat pula hamparan tanaman jagung.

Dipastikan walau jarak yang ditempuh cukup melelahkan, namun terbayar dengan panorama perdesaan yang masih alami dan segar. 

"Selain itu kita juga dijejali banyaknya kebun warga yang tumbuh dengan berbagai komoditi tanaman yang produktif," ungkapnya.

Menurutnya, kawasan pedalaman Pidie Jaya, Aceh, banyak ditemui daerah yang berpotensi berpenghasilan kebun yang menjanjikan apabila dikelola dengan serius.

"Pidie Jaya ini kata Saifullah, kalau di lihat-lihat banyak kawasannya yang masih ditemui tanamannya yang tumbuh subur, bahkan jeruk dan jambu kristal saja bisa berbuah banyak, apalagi kalau di buka area wisata agro, pasti kawasan ini akan maju.

Dengan melihat kondisi perdesaan yang masih alami dan segar, kawasan pendalaman Pdie Jaya banyak menyimpan spot-spot lokasi wisata alam yang indah dan mempersona.

Namun sayangnya, tak ada pengusaha atau dermawan yang ingin mencoba untuk membuka lokasi - lokasi wisata alam di kawasan ini, buktinya di kawasan sungai Lhok Sandeng, alur sungai-nya masih bagus dan cocok untuk arung jeram serta pemandian.

"Ini salah satu-nya kawasan perkebunan jeruk dan jambu kristal, kalau jalannya bagus, kita yakin bakal banyak lagi pengunjung yang datang ke kawasan ini. Inikan bisa menjadi lokasi liburan akhir pekan untuk edukasi anak-anak atau bersama keluarga," cerita Saifullah mengakhiri.

Reporter : AbdA
BERITA TERKAIT
Edisi Terakhir Sinar Tani
Copyright @ Tabloid Sinar Tani 2018